KTM Siap Rayu Dani Pedrosa Comeback ke MotoGP Sebagai Wildcard

Penulis: Abdi Ardiansyah
Selasa 23 Mar 2021, 17:35 WIB
Dani Pedrosa, KTM

Dani Pedrosa, KTM

Berita MotoGP: KTM kembali menawarkan kesempatan kepada Dani Pedrosa untuk comeback ke MotoGP. Meskipun Pedrosa berulang kali selalu menolak rencana tersebut.

Team Manager KTM, Mike Leitner, secara langsung mengungkapkan bahwa pihaknya akan selalu membuka peluang bagi Dani Pedrosa untuk tampil balapan lagi. Sebagaimana diketahui, Pedrosa saat ini memang jadi pebalap penguji bagi skuat asal Austria tersebut.

Pedrosa bekerja sama dengan mantan rider MotoGP lainnya, Mika Kallio, untuk tugas menjajal motor KTM RC16. Kalio juga selalu menjadi andalan KTM saat mendapatkan jatah wildcard dalam beberapa kesempatan.

Kallio juga berperan jadi rider pengganti KTM saat ada salah satu pebalap yang cedera, atau bahkan ditendang seperti Johann Zarco pada 2019 lalu.

Meski Pedrosa jadi test rider andalan, pria yang dinobatkan jadi legenda MotoGP itu memang tak ingin kembali membalap setelah memutuskan pensiun pada 2018.

Namun beda situasinya saat ini, Kallio kini tengah diterpa masalah yang membuatnya mungkin tidak akan bisa bertugas dalam waktu dekat. Kallio mengalami cedera setelah terjatuh dari motor dalam balapan di atas es di kampung halamannya, Finlandia.

Leither pun membuka peluang bahwa KTM bisa membawa Pedrosa kembali berlomba jika diperlukan.

"Memang benar Kallio cedera. Jika kami membutuhkan seorang pembalap, akan selalu ada solusi yang bisa diambil," ujar Leitner dikutip dari Speedweek.

"Bagaimana pun, kami berharap tidak akan membutuhkan Dani untuk berlomba. Kalau tidak ada cara lain, kami akan bicara dengan Dani. Tapi untuk saat ini hanya sebuah hipotesis," tandasnya.

Pedrosa dinilai punya jasa besar atas keberhasilan KTM dalam mengubah motor KTM RC16 menjadi motor yang kompetitif. Musim lalu KTM sukses mencatat berbagai pencapaian penting seperti pole position pertama dan kemenangan pertama di MotoGP.

Menariknya, seluruh kemenangan diraih oleh dua pebalap yang tergolong baru yaitu Miguel Oliveira dan Brad Binder. Oliveira bahkan sukses menjadi pemenang dua balapan.

KTM juga membuktikan bahwa RC16 juga cukup konsisten dengan performa Pol Espargaro. Espargaro memang tidak pernah meraih kemenangan, tetapi dia tampil lebih konsisten hingga finis di peringkat yang lebih tinggi. Lima hasil podium membuat Pol Espargaro mengakhiri kompetisi di peringkat kelima pada klasemen akhir.

Artikel Tag: dani pedrosa, ktm

1660  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini