Francesco Bagnaia Dukung Rencana MotoGP untuk Gelar Lebih Banyak Balapan

Penulis: Abdi Ardiansyah
Minggu 25 Jul 2021, 23:45 WIB
Francesco Bagnaia

Francesco Bagnaia

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Wacana Dorna Sports untuk menggelar lebih banyak balapan MotoGP dalam semusim ditentang oleh beberapa rider, namun Francesco Bagnaia justru memberikan dukungan.

Kalender balapan MotoGP 2021, selalu menjadi pembicaraan hangat di paddock. Hal tersebut dikarenakan jadwal terus berubah-ubah akibat pandemi Covid-19. Beberapa gelaran terpaksa dibatalkan karena aturan pembatasan perjalanan yang diterapkan pemerintah oleh setempat.

Rencananya, MotoGP 2021 akan menggelar 21 seri balapan, tetapi empat negara sudah mengkonfirmasi bahwa mereka akan mundur dari kalender balap musim ini.

Saat ini, hanya tersisa sembilan balapan yang bisa diikuti oleh para rider MotoGP. Sementara itu Malaysia masih mempertimbangkan rencana mereka untuk tetap menggelar balapan.

Namun, Dorna berharap pihaknya bisa menggelar setidaknya 20 balapan pada musim ini. Mereka juga ingin melangsungkan balapan di luar zona Eropa agar kompetisi benar-benar terasa seperti kejuaraan dunia.

Jika tidak ada pandemi Covid-19, Dorna memili wacana untuk menggelar hingga 25 balapan dalam semusim. Akan tetapi rencana tersebut mendapat kritik dari beberapa rider karena merasa mereka tak akan punya banyak waktu untuk istirahat.

Namun berbeda dengan Francesco Bagnaia yang justru sangat mendukung gagasan tersebut. Ia mengaku siap jika dirinya harus melakoni banyak balapan dalam semusim karena itu sudah menjadi bagian dalam kehidupannya.

“Itu tugas kami. Kami melakukan banyak latihan untuk mempersiapkan diri menghadapi semua balapan,” kata Bagnaia seperti dilansir Speedweek.

“Jika kami memiliki lebih banyak balapan di masa depan, itu memang akan sangat sulit, bukan hanya bagi saya sebagai pebalap, tapi juga tim. Tim akan melakukan perjalanan lebih banyak di dalam dan di luar Eropa. Itu jauh lebih sulit bagi mereka dibandingkan kami,” imbuhnya.

“Tugas kami hanyalah berlatih setiap hari dan mencapai level maksimal. Kami harus bersiap untuk melakoni balapan lebih banyak. Tapi saya tidak tahu bagaimana dengan tim,” ia melanjutkan.

Para Teknisi dan staf memang menjadi orang-orang yang bekerja lebih keras dalam menghadapi tiap pekan balapan. Mereka harus tiba lebih awal di sirkuit untuk melakukan segala persiapan yang dibutuhkan.

Sementara itu para pebalap juga harus memiliki kondisi fisik yang prima jika MotoGP berencana menggelar lebih banyak balapan. Pasalnya, mereka membutuhkan stamina yang bagus untuk mengendarai motor dengan tenaga besar.

“Mengendalikan motor MotoGP tidak semudah yang dibayangkan,” ujar Bagnaia.

“Anda akan sangat kelelahan setelah balapan dengan menggunakan motor itu. Jadi, jika mereka ingin menggelar balapan lebih banyak di masa depan, kami mungkin harus berlatih sedikit lebih banyak daripada sebelumnya,” tukasnya.

Artikel Tag: Francesco Bagnaia, MotoGP 2021

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/francesco-bagnaia-dukung-rencana-motogp-untuk-gelar-lebih-banyak-balapan
1819  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini