Fabio Quartararo Berharap Motor Yamaha Lebih Stabil di MotoGP 2021

Penulis: Abdi Ardiansyah
Rabu 10 Feb 2021, 21:15 WIB
Fabio Quartararo, Maverick Vinales, Tim Yamaha

Fabio Quartararo

Berita MotoGP: Rider Tim Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, punya permintaan khusus kepada timnya musim depan, ia sangat berharap motor YZR-M1 bisa lebih seimbang dan stabil performanya.

Fabio Quartararo yang musim lalu nyaris menjadi juara harus gigit jari lantaran ia terperosok hingga ke peringkat delapan klasemen akhir MotoGP 2020. Quartararo sejatinya sanggup memimpin klasemen hingga pertengahan musim bersama tim satelit, Petronas Yamaha SRT.

Namun pada paruh kedua musim, performanya langsung anjlok bahkan selalu kesulitan bersaing di barisan depan. Penurunan performa Rider asal Prancis ini pun tak lepas dari inkonsitensi performa motor Yamaha.

Jelang menghadapi musim baru bersama tim pabrikan, pebalap berjuluk El Diablo langsung menyoroti pengembangan motor YZR-M1 teranyar yang akan ditungganginya.

Motor pabrikan Yamaha memang bukan hal baru bagi Quartararo.

Sebagaimana diketahui, salah satu penyebab performa Quartararo kemudian melempem lantaran turut menjadi korban kelemahan motor M1 dalam aspek grip ban belakang.

Masalah grip membuat performa Yamaha kerap jomplang dari satu balapan ke balapan lain. Yamaha seolah tak terkalahkan ketika lintasan memiliki grip mumpuni.

Namun, sekalinya level grip tidak optimal, Quartararo dan pembalap pabrikan Yamaha lain bakal kesulitan untuk sekadar finis di posisi 10 besar.

Hasil yang lebih konsisten justru diraih rekan setim Quartararo, yakni Franco Morbidelli, yang hanya dibeklai dengan motor versi lawas YZR-M1 2019.

"Semuanya akan lebih mudah ketika kami memiliki grip yang bagus. Saat kami memiliki ban baru pada sesi kualifikasi terkadang kami membuat peningkatan hingga 1,5 detik, sesuatu yang belum pernah terjadi pada tim lain," kata Quartararo kepada Motorcyle, dikutip dari Motosan.es.

Rider Prancis itu pun berharap agar Yamaha menemukan keseimbangan antara grip dan performa sehingga bisa tampil lebih konsisten pada MotoGP 2021.

"Kami harus dapat menemukan titik tengah untuk bisa berjuang meraih hasil bagus di setiap balapan," pungkasnya.

Artikel Tag: Fabio Quartararo, MotoGP 2021

653  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini