Dua Kali Alami Insiden, Alex Rins Pede Akhiri Musim 2021 di Posisi Terbaik

Penulis: Abdi Ardiansyah
Rabu 05 Mei 2021, 20:00 WIB
Alex Rins

Alex Rins

Berita MotoGP: Alex Rins mengalami insiden saat tampil di Portimao dan Jerez, namun ia tetap optimistis mampu tampil kuat di sisa balapan musim ini dan meraih posisi terbaik.

Alex Rins mengalami kecelakaan ketika tampil di GP Portugal usai mencoba mengejar Fabio Quartararo yang sedang memimpin balapan. Ia pun kembali mengalami kecelakaan ketika balapan di Portimao saat mempertahankan posisinya di barisan terdepan. Meski bisa kembali ke lintasan, pria asal Spanyol itu tak mampu memperbaiki posisinya dan harus puas finis di urutan ke-20.

Rins menyadari jika dirinya kurang beruntung dalam dua balapan terakhir, ia pun mengambil sisi positif dari kedua balapan tersebut.

“Itu merupakan balapan yang sulit, kami sangat tidak beruntun. Biasanya, di akhir sektor trek lurus kami langsung ke sisi trek untuk bersiap masuk ke tikungan. Saya melakukan pengereman keras, ban belakang terangkat, motor lepas kendali, dan saya tidak bisa memasuki tikungan dengan baik,” jelas Rins seperti yang dikutip dari laman Motorsport.com.

“Ketika berada di bagian trek yang kotor, saya menoleh ke belakang untuk melihat apakah ada yang datang agar bisa masuk lagi ke jalur balap dan pada saat itu saya jatuh. Saya kehilangan sayap motor bagian kanan dan aerodinamika tidak bagus sejak saat itu. Namun, kami berhasil memberikan kecepatan yang baik dan kami melaju dengan cepat,” tambahnya.

“Selain kecelakaan, satu-satunya masalah adalah kualifikasi pada Sabtu, Anda harus menghabiskan segalanya di sana, berjuang untuk memulai dari dua baris pertama grid,” tutur Rins

Ketika tampil di MotoGP Portugal, Alex Rins mampu melaju dengan kecepatan yang lebih baik dibandingkan saat latihan dan berpeluang meraih podium jika tak alami kecelakaan.

“Saya tidak tahu seberapa jauh saya akan melangkah tanpa kecelakaan itu, tapi kami memiliki kecepatan dan kami telah menunjukkan bahwa kami memiliki opsi. Saya tidak tahu betul apa yang akan terjadi dengan pebalap di depan, saya terlalu jauh di belakang dan saya tidak tahu apa yang terjadi pada Joan Mir,” katanya.

Setelah kecelakaan di Portimao, Rins mampu kembali mempertahankan performanya di Jerez. Sayangnya, kecelakaan yang dialaminya di MotoGP Spanyol memperumit skenario bagi pebalap 23 tahun itu. Namun ia tetap optimistis dapat tampil kuat di sisa balapan musim ini seperti yang dilakukannya tahun lalu, di mana ia berhasil mengakhiri musim di urutan ketiga dalam klasemen.

“Tahun lalu kami jatuh dua kali (di Austria dan Prancis) dan kami berada di urutan ketiga dalam klasemen akhir. Jika saya tidak memiliki kecepatan ini selama balapan, saya akan khawatir. Tetapi, pada akhirnya kami harus melakukan penilaian pada balapan terakhir. Jelas kami harus berada di depan,” ungkap Rins.

“Kami hanya memiliki perofrma bagus pada Sabtu, untuk dapat memiliki balapan yang baik, kami harus fokus seratus persen pada kualifikasi,” tutupnya.

Artikel Tag: Alex Rins, Suzuki, MotoGP 2021, MotoGP Portugal, MotoGP Spanyol

798  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini