Soal Kontroversi GP Abu Dhabi 2021, Romain Grosjean Bela Michael Masi

Penulis: Abdi Ardiansyah
Selasa 18 Jan 2022, 17:05 WIB
Romain Grosjean

Romain Grosjean

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Eks pebalap F1, Romain Grosjean, menilai keputusan yang diambil direktur balap FIA F1, Michael Masi, di lap terakhir gelaran GP Abu Dhabi 2021 sudah tepat

Hingga saat ini, keputusan sang direktur balap FIA F1, Michael Masi, terus menuai kontroversi. Mercedes menuding pria asal Australia itu sudah melanggar Regulasi Olahraga karena seharusnya Lewis Hamilton bisa memenangkan balapan di belakang Safety Car. Namun karena perlombaan dilanjutkan, Max Verstappen pun keluar sebagai juara.

Federasi Otomotif Internasional (FIA) kabarnya sedang melakukan investigasi terkait kasus tersebut. Sebagai konsekuensi, Masi dicopot jabatannya dan digantikan oleh Mohammed ben Sulayem.

Eks pebalap F1, Romain Grosjean, mengaku sangat menikmati duel sengit antara Hamilton dan Verstappen di GP Abu Dhabi 2021.

“Saya menyukainya! Sungguh menyenangkan, jantung saya berdebar-debar. Saya kira melihat dua mobil bertarung dalam satu lap untuk gelar juara dunia sungguh luar biasa,” ujarnya dikutip dari Motorsport.com.

Pria yang akan berdebut di ajang IndyCar bersama Andretti Autosport itu memandang keputusan yang dibuat Masi dari sisi yang berbeda. Jika melihat bagaimana kinerja dan kesulitannya, ia menilai bahwa Verstappen memang pantas menjadi juara.

“Sebuah persepsi yang salah kalau berpikir bahwa kejuaraan dunia hanya berlangsung satu lap saja. Ada 22 grand prix, dan jika Anda lihat sepanjang musim, Anda tahu Max mengalami bocor ban di Baku, Valtteri Bottas menabraknya di Hungaria (sebenarnya Bottas menabrak Lando Norris dan Sergio Perez, red.), lalu balapan di Silverstone (Verstappen tubrukan dengan Hamilton),” ungkap Grosjean.

“Saya kira pada akhirnya, jika Anda melihat berapa poin Verstappen yang hilang, di mana itu bukan karena kesalahannya, dia merupakan salah satu yang paling pantas juara. Dalam balapan di Abu Dhabi, Lewis memang lebih pantas juara,” jelasnya.

“Dia tidak beruntung pada lap terakhir. Namun, sebagai penggemar balapan, saya menyukai lap terakhir. Sungguh menyenangkan untuk ditonton,” ia melanjutkan.

Berdasarkan evaluasinya terhadap GP Abu Dhabi 2021, Romain Grosjean memilih untuk berdiri di pihak Masi.

“Ada beberapa cara untuk melihat itu. Pertama, Max berada di belakang empat (lima, red.) mobil pada lap penentu,” ia menuturkan

“Di sisi lain, untuk Lewis, tentu itu bukan keputusan bagus, tapi sebagai penonton, fan yang menyaksikan dari TV, untuk olahraga, saya kira Masi membuat keputusan tepat,” imbuhnya.

“Saya kira tidak bagus untuk kejuaraan, menyelesaikan lomba di bawah Safety Car. Kurang bagus menuntaskannya dengan pebalap posisi pertama dan kedua dipisahkan beberapa mobil. Saya lebih condong pada Lewis daripada Max, tapi saya pikir kerena menyaksikan dua pebalap melaju bersama,” ia mengakhiri.

Artikel Tag: Romain Grosjean, Michael Masi, F1 2022, GP Abu Dhabi F1 2021

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/soal-kontroversi-gp-abu-dhabi-2021-romain-grosjean-bela-michael-masi
501  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini