Pembekuan Pengembangan Mesin F1 Resmi Dimulai di 2022

Penulis: Akmal Saputra
Jumat 12 Feb 2021, 15:00 WIB
Pembekuan pengembangan mesin F1 disepakati dimulai 2022

Balapan F1 via Crash.net

Berita Formula 1: Pembekuan pengembangan mesin F1 resmi dimulai pada 2022. Hal ini menyusul karena telah sepakatnya seluruh pemangku kepentingan pada balapan jet darat itu tentang pembekuan mesin yang diusulkan oleh Red Bull.

Para pemangku kepentingan di olahraga itu, yang terdiri dari Formula 1, badan pengatur FIA, dan 10 tim telah bertemu pada hari Kamis (11/2) untuk membahas sejumlah hal penting tentang perkembangan signifikan dalam olahraganya, termasuk rencana untuk menghentikan pengembangan mesin.

Lobi untuk langkah tersebut dipimpin oleh Red Bull, yang berencana untuk mengambil alih proyek mesin Honda setelah pabrikan Jepang itu meninggalkan F1 pada akhir musim ini.

Red Bull bersikukuh tidak mampu mengembangkan unit daya ke tingkat yang sama dengan pabrikan Mercedes, Ferrari dan Renault dan hanya dapat memiliki sumber daya untuk kelanjutannya, asalkan pembekuan spesifikasi mesin diterapkan.

Hal itu disebabkan karena Red Bull berencana untuk mengakuisisi properti intelektual dari power unit Honda untuk menggunakannya baginya dan AlphaTauri. Namun mereka mengatakan hal itu akan layak secara finansial apabila pengembangan mesin dibekukan.

Crash.net memahami bahwa pembekuan mesin telah disetujui oleh semua tim dan empat produsen unit daya. Red Bull sekarang diharapkan menyelesaikan kesepakatan untuk mengambil alih mesin Honda, yang diberi lampu hijau oleh pabrikan Jepang bulan lalu.

Pembahasan lainnya di pertemuan itu adalah sebuah proposal untuk memperkenalkan balapan 'sprint' yang lebih pendek pada hari Sabtu di balapan di Kanada, Italia dan Brasil tahun ini juga dibahas dan mendapat respon positif, meskipun keputusan akhir tentang masalah tersebut belum diambil.

Sementara tim terbuka untuk menguji ide, detail akhir yang perlu diselesaikan. Saran F1 adalah mengganti sesi latihan kedua hari Jumat di tiga acara yang disebutkan di atas dengan kualifikasi untuk mengatur grid untuk balapan sprint 100 km, yang pada gilirannya akan menentukan grid untuk grand prix hari Minggu.

Pembicaraan tentang proposal lainnya, yakni untuk memperkenalkan batasan gaji pada pengemudi dan anggota tim dengan bayaran tertinggi juga sedang berlangsung.

Artikel Tag: Formula 1, F1 2021, Red Bull

784  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini