Fernando Alonso Punya Kans Patahkan Rekor Schumacher di GP Azerbaijan

Penulis: Abdi Ardiansyah
Rabu 08 Jun 2022, 12:50 WIB
Fernando Alonso

Fernando Alonso

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Fernando Alonso berpeluang untuk mencatatkan rekor sebagai pebalap yang punya karier terlama di Formula 1 saat mengaspal di GP Azerbaijan akhir pekan ini.

Fernando Alonso diketahui mampu tampil kompetitif di tahun perdananya turun sebagai pebalap Formula 1 pada Maret 2001 silam. Ketika itu ia membela Minardi pada seri GP Australia di Sirkuit Albert Park.

21 tahun kemudian, pria asal Spanyol tersebut masih berkompetisi di ajang jet darat. Itu merupakan sesuatu yang hanya bisa dicapai oleh beberapa pebalap. Dan akhir pekan ini, ia berpeluang membukukan rekor baru.

Apabila Alonso beraksi di GP Azerbaijan pada Minggu (12/6), maka ia dipastikan bakal mencatatkan dirinya sebagai pebalap dengan karier terpanjang dalam sejarah Formula 1.  

Media asal Inggris, Express, sudah melakukan perhitungan mengenai potensi pria berusia 40 tahun itu untuk mencetak sejarah dan mengambil alih rekor karier Formula 1 terpanjang yang hingga kini masih dipegang oleh Michael Schumacher.

Schumacher diketahui berkompetisi di ajang kelas utama selama 21 tahun tiga bulan. Sementara Alonso, jika berhasil menyelesaikan balapan di Sirkuit Baku pekan ini, maka ia mencatatkan 21 tahun tiga bulan delapan hari.

Selain rekor milik Michael Schumacher, eks driver Ferrari itu juga punya peluang untuk melampaui catatan start balapan terbanyak dalam Formula 1, yang dipegang oleh Kimi Raikkonen dengan jumlah 349 kali.

Saat ini, Fernando Alonso telah mengoleksi 340 start balapan atas namanya. Artinya, bila tak kendala yang berarti, rekan setim Esteban Ocon tersebut akan melewati rekor Raikkonen di GP Singapura bulan Oktober mendatang.

Ketiga nama diatas juga sama-sama pernah memiliki periode di mana mereka sempat menepi sementara dari persaingan Formula 1. Alonso comeback pada musim 2021 setelah berkarier di disiplin lain pada 2019-2020.

Raikkonen memutuskan keluar dari F1 setelah musim 2009 untuk terjun di World Rally Championship pada 2010-2011 sebelum kembali pada tahun 2012. Sementara Schumacher gantung helm setelah musim 2006, namun balik di 2010. 

Artikel Tag: Fernando Alonso, Michael Schumacher, GP Azerbaijan F1 2022

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/fernando-alonso-punya-kans-patahkan-rekor-schumacher-di-gp-azerbaijan
773  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini