Belajar dari Kesalahan, Yuki Tsunoda Akan Ubah Cara Hadapi Kualifikasi

Penulis: Abdi Ardiansyah
Sabtu 01 Mei 2021, 00:45 WIB
Yuki Tsunoda

Yuki Tsunoda

Berita F1: Yuki Tsunoda berusaha belajar dari insiden tabrakan yang dialaminya di Imola, ia pun mengaku akan menghadapi sesi kualifikasi GP Portugal dengan cara berbeda.

Yuki Tsunoda, pebalap dari tim AlphaTauri, mengalami kecelakaan di lap pertama sesi kualifikasi kesatu (Q1) balapan di Sirkuit Imola, Italia. Kejadian tersebut menyebabkan bagian belakang mobil AT02 yang dikemudikannya hancur.

Akibatnya, Tsunoda tidak mampu mencetak waktu lap di kualifikasi, pebalap Jepang itu pun terpaksa start dari posisi paling belakang (20) pada lomba GP Emilia Romagna yang digelar dua pekan lalu. Tsunoda pun terpaksa harus puas finis di urutan ke-12 dan tidak mendapatkan poin.

“Saya belajar banyak dari dua kesalahan besar di Imola. Hasil itu juga sangat buruk bagi tim. Sebelumnya, saya tentu berharap mampu membuat poin penting di Imola. Sungguh menyesakkan dan saya mohon maaf sebesarnya pada tim,” tutur Tsunoda seperti yang dilansir dari laman Motorsport.com.

Yuki Tsunoda pun mengambil sisi positif dari insiden yang di alaminya di Imola. Ia mengaku bahwa saat itu perasaannya agak campur aduk dan sempat kesulitan untuk tampil lebih tenang.

 “Saya harus lebih tenang pada lomba-lomba berikutnya. Saya rasa, performa (di Imola) bagus. Saya tinggal memperbaiki beberapa hal di F1 GP Portugal nanti,” katanya.

Belajar dari kesalahan di Imola, Tsunoda mengaku akan mengubah strategi balapannya saat menghadapi sesi kualifikasi di GP Portugal nanti. Pebalap rookie tersebut mengungkapkan bahwa saat balapan di Imola, ia memulai lap pertama Q1 seperti sedang mencoba mencetak waktu lap pada kesempatan terakhir Q3 dengan memacu mobil dalam kecepatan tinggi.

“Situasi di Portimao agak berbeda. Saya tidak pernah turun di sini sebelumnya. Jadi, ekspektasi di sini mungkin sedikit di awah Imola. Saya akan mencoba mendongkrak performa di setiap lap dan akan menerapkan cara berbeda dibanding Imola,” tambah Tsunoda.

“Di Imola, saya yakin memiliki kecepatan yang bisa memudahkan saya untuk lolos ke Q2. Saya lalu tinggal menambah kecepatan sedikit jika melaju ke Q3. Saya tidak akan melakukan itu lagi. Saya akan mencoba lebih konsisten di setiap sesi kualifikasi,” tutupnya.

Artikel Tag: Yuki Tsunoda, AlphaTauri, F1 2021, GP Portugal

405  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini