Libas Busanan, PV Sindhu Tembus Final Malaysia Masters 2024

Penulis: Yusuf Efendi
Minggu 26 Mei 2024, 00:00 WIB
Libas Busanan, PV Sindhu Tembus Final Malaysia Masters 2024

PV Sindhu/[Foto:Sportstars]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Peraih dua medali Olimpiade PV Sindhu pada hari Sabtu mendapatkan kesempatan untuk merebut mahkota Malaysia Masters setelah mencapai final tunggal putri dengan kemenangan telak atas Busanan Ongbamrungphan dari Thailand di Kuala Lumpur.

Unggulan kelima Sindhu, yang belum pernah meraih gelar dalam dua tahun, bangkit untuk menang 13-21, 21-16, 21-12 melawan peringkat 20 dunia, Busanan dalam semifinal maraton yang berlangsung 88 menit untuk menutup BWF World Tour Super 500 di Axiata Arena.

PV Sindhu menjuarai Singapore Open 2022 dan menjadi runner-up Madrid Spanyol Masters tahun lalu.

Ini merupakan kemenangannya yang ke-18 atas Busanan, yang hanya sekali mengalahkan pemain India itu dalam kariernya di Hong Kong Open 2019.

Sindhu, peringkat 15 dunia, yang mengincar medali Olimpiade ketiganya di Olimpiade Paris dalam waktu dua bulan, kini menghadapi unggulan kedua dan peringkat 7 dunia, Wang Zhi Yi dari Tiongkok dalam bentrokan final.

Sindhu kalah dari Wang di Arctic Open tahun lalu tetapi telah mengalahkan pemain Tiongkok itu dua kali dalam tiga pertemuan.

Peraih medali perak dan perunggu dalam dua edisi terakhir Olimpiade, Sindhu tampaknya telah menemukan semangatnya kembali saat ia menampilkan bulutangkis menyerang minggu ini setelah tampil dalam kondisi prima sejak kembali dari cedera lutut di awal musim ini.

Sudah lama sejak PV Sindhu mengalahkan pemain besar seperti Carolina Marin, Tai Tzu Ying, Chen Yu Fei dan Akane Yamaguchi -- yang diperkirakan akan ia temui di Olimpiade Paris.

Terlepas dari rekornya yang luar biasa melawan Busanan, ini ternyata menjadi pertarungan yang sulit bagi Sindhu karena ia harus mengejar ketinggalan, dengan pemain Thailand itu mendominasi jalannya pertandingan di game pembuka.

Itu adalah pertarungan fisik saat keduanya saling menguji dalam beberapa reli panjang berkualitas tinggi. Pada game pembuka, atlet asal Thailand ini sangat tepat dalam melakukan eksekusi, baik itu leap smash atau pukulan luar biasa, pukulan drop, atau pukulan presisi.

Busanan menjaga kecepatan dalam reli untuk membuka keunggulan 8-6 dengan pemain India itu membuat beberapa kesalahan penilaian di lini belakang dan melakukan tembakan ke net. Sergapan silang di net dan blok forehand memberi Busanan keunggulan 10-7 sebelum ia unggul dua poin saat jeda.

Pemain Thailand ini membangun reli dengan baik, menarik Sindhu ke gawang dan mengirimnya ke sayap. Dia segera memimpin 15-9, yang kemudian dia perpanjang menjadi tujuh poin pada kedudukan 17-10. Pada akhirnya, Sindhu mencetak dua gol untuk memberi tujuh game point kepada pemain Thailand itu, yang menutupnya dengan blok backhand yang sempurna.

Di game kedua, Sindhu tertinggal 2-4 namun mampu bangkit saat Busanan berhasil mencetak poin. Sindhu mengirimkan pukulan backhandnya ke gawang dan kemudian gagal melakukan satu pukulan lagi di lini belakang saat Busanan memimpin 6-4.

PV Sindhu yang sedang berjuang, bagaimanapun, berhasil memimpin pada kedudukan 8-7 dengan sebuah smash dan melanjutkan jeda dengan keunggulan dua poin, menyusul sebuah smash mematikan yang melintasi lapangan.

Pada kedudukan 12-10, reli panjang berakhir dengan Busanan tersendat melalui tembakan net lintas lapangan. Pemain Thailand itu melakukan beberapa kesalahan dalam penilaian namun mampu menahan serangan Sindhu pada kedudukan 12-14. Sindhu melakukan cross court yang menjadi ciri khasnya diikuti dengan pengembalian lini bawah lainnya untuk meraih keunggulan tiga poin pada kedudukan 16-13.

Pemain India itu mendominasi reli lainnya, membuat Busanan benar-benar keluar dari posisinya untuk memimpin 18-14. Sindhu segera meraih lima game point dan mengkonversinya pada percobaan keduanya.

Spektakuler di game pembuka, Busanan benar-benar kehilangan kendali di set penentuan karena ia tidak menentu dan kesulitan dalam liputan lapangannya sementara Sindhu terlihat agresif.

Pemain India itu segera membuka keunggulan 4-1 dan memperbesarnya menjadi 8-3. Kesalahan menjadi terlalu sering dilakukan Busanan saat Sindhu memimpin 11-5 saat jeda. Setelah pergantian sisi terakhir, Busanan mencoba memperkecil ketertinggalan namun kesalahan kembali muncul dalam permainannya saat Sindhu berpindah ke kedudukan 17-10. Pemain India itu meraih delapan match point dengan Busanan kembali mencetak gol dan ketika pemain Thailand itu kembali melebar, PV Sindhu mengangkat lengannya untuk menandai selebrasi yang tenang.

Artikel Tag: PV Sindhu, Busanan Ongbamrungphan, malaysia masters 2024

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/libas-busanan-pv-sindhu-tembus-final-malaysia-masters-2024
567  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini