Ariarne Titmus Pecahkan Rekor Dunia Gaya Bebas 200 Meter Putri

Penulis: Hanif Rusli
Rabu 12 Jun 2024, 21:49 WIB
Ariarne Titmus merayakan rekor dunia baru dalam uji coba seleksi renang Australia 2024 di Brisbane. (Foto: ABC Australia)

Ariarne Titmus merayakan rekor dunia baru dalam uji coba seleksi renang Australia 2024 di Brisbane. (Foto: ABC Australia)

Ligaolahraga.com -

Ariarne Titmus mengatakan bahwa memecahkan rekor dunia gaya bebas 200 meter putri merupakan bonus dari duelnya yang tak tertandingi di kolam renang dengan rekan senegaranya, Mollie O'Callaghan.

Titmus merebut rekor tersebut dari O'Callaghan dalam pertarungan yang memukau pada Rabu (12/6) malam di uji coba seleksi renang Olimpiade Australia di Brisbane.

Perenang berusia 23 tahun ini mencatat waktu satu menit 52,23 detik, lebih baik dari rekor O'Callaghan yang mencatat waktu 1:52,85 pada kejuaraan dunia tahun lalu.

O'Callaghan juga melampaui catatan waktu sebelumnya, dengan finis dalam waktu 1:52,48 - waktu tercepat kedua dalam sejarah.

Ariarne Titmus, 23 tahun, kini memegang rekor dunia gaya bebas 200m dan 400m dan merupakan juara bertahan Olimpiade di kedua nomor tersebut.

"Sejujurnya, rekor dunia adalah bonus," katanya. "Saya senang akhirnya bisa melakukan renang yang saya tahu saya mampu melakukannya dan sangat menyenangkan melakukannya di kota asal saya, di depan kerumunan penonton di kampung halaman."

Ariarne Titmus mengatakan bahwa ia tidak menggunakan prestasi O'Callaghan pada kejuaraan dunia tahun lalu di Jepang sebagai motivasi, meskipun kedua perenang tersebut dilatih oleh Dean Boxall.

"Kami benar-benar tidak melihat apa yang dilakukan satu sama lain dalam latihan, kami sangat terpisah - dia berlatih untuk nomor sprint, saya berlatih untuk jarak menengah," kata Titmus. "Melihat rekor dunia, saya tidak melihat siapa yang memilikinya. Saya melihat pada waktunya.

"Sejujurnya, hal itu tidak ada dalam radar saya sebelum melakukan ini. Saya hanya ingin melakukan renang yang bagus dan saya memiliki kesempatan untuk melakukannya lagi di Paris," tandas Ariarne Titmus.

O'Callaghan yang berusia 20 tahun ini mengakui bahwa ia mengalami kecemasan sebelum lomba karena ia memasuki final sebagai pemegang rekor.

"Saya tidak bisa tidur semalam," katanya. "Saya masih belajar. Saya masih muda dan belum berpengalaman seperti atlet-atlet lainnya, jadi saya akan menerima apa pun pada saat ini."

Begitulah dominasi Titmus dan O'Callaghan, mereka finis lebih dari tiga detik di depan para perenang lainnya. Lani Pallister berada di urutan ketiga, Brianna Throssell di urutan keempat dan Shayna Jack berada di urutan kelima bersama Jamie Perkins.

Enam perenang teratas akan membentuk tim estafet gaya bebas 4x200m Australia di Olimpiade Paris yang dimulai pada 26 Juli - negara ini memegang rekor dunia estafet.

Masuknya Jack memastikan dia akan melakukan debut Olimpiade di ibu kota Prancis, setelah menyaksikan Toyko Games 2021 dari jauh setelah menyelesaikan larangan doping.

Artikel Tag: Ariarne Titmus

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/olahraga-lain/ariarne-titmus-pecahkan-rekor-dunia-gaya-bebas-200-meter-putri
524  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini