David Benavidez Kalahkan Oleksandr Gvozdyk, Masih Inginkan Canelo

Penulis: Hanif Rusli
Minggu 16 Jun 2024, 13:30 WIB
David Benavidez (kanan) sempat dibuat repot Oleksandr Gvozdyk sebelum mengalahkannya dengan kemenangan angka mutlak. (Foto: AP)

David Benavidez (kanan) sempat dibuat repot Oleksandr Gvozdyk sebelum mengalahkannya dengan kemenangan angka mutlak. (Foto: AP)

Ligaolahraga.com -

David Benavidez terlihat seperti di rumah sendiri dalam penampilan pertamanya di kelas berat ringan, dengan kemenangan angka mutlak atas Oleksandr Gvozdyk di MGM Grand, Sabtu (15/6) malam.

Benavidez (29-0, 24 KO) naik ke kelas 175 pound untuk pertama kalinya setelah upayanya yang berulang kali untuk mengajak juara dunia kelas menengah super sejati, Canelo Alvarez, untuk bertarung gagal.

Ia mengalahkan Oleksandr Gvozdyk (20-2, 16 KO) dengan nyaman, dengan para juri memberikan kemenangan bagi Benavidez 119-109, 117-111 dan 116-112. Ia merebut gelar juara dunia interim WBC dalam kemenangan tersebut.

"Saya pikir itu adalah nilai 7 dari 10, sejujurnya," kata Benavidez ketika diminta untuk menilai penampilannya. "Oleksandr adalah petarung yang hebat. Tidak heran jika ia adalah mantan juara, mantan atlet Olimpiade."

David Benavidez, 27, mengungkapkan bahwa ia mengalami luka di wajah dan tendon robek di tangan kanannya sebelum pertarungan. Hal itu tidak terlalu terlihat dalam penampilannya, saat ia mendaratkan 223 pukulan berbanding 163 pukulan milik Gvozdyk, menurut CompuBox.

Satu kritik terhadap penampilannya mungkin adalah kurangnya kekuatan. David Benavidez tidak pernah membuat Gvozdyk benar-benar dalam kesulitan, meskipun beberapa kali menyerang dia selama 12 ronde.

Apakah kekuatan Benavidez dapat diterjemahkan sepenuhnya ke dalam berat badan 175 pound, mungkin akan menjadi topik pembicaraan jika ia maju ke pertarungan perebutan gelar melawan Artur Beterbiev atau Dmitry Bivol.

Untuk saat ini, David Benavidez mengatakan bahwa ia akan mengincar divisi berat ringan dan divisi berat badan alaminya, yaitu menengah super. Ia mengatakan bahwa berat badannya pada hari Sabtu adalah 189 pound.

"Kami masih ingin turun ke 168 pound untuk memperebutkan gelar," katanya. "Jika kita akan mendapatkan Canelo atau jika mereka akan mengosongkannya, saya ingin memenangkannya sekali lagi."

Beberapa karya terbaik Benavidez muncul di paruh pertama pertarungan. Ia meraih kesuksesan besar dengan hook kiri yang melingkar, yang nampaknya dapat menjadi serangan yang mengakhiri laga pada ronde-ronde awal, sebelum Gvozdyk melakukan beberapa penyesuaian. Benavidez secara konstan menekan Gvozdyk ke arah belakang, serta menyoroti beberapa serangannya ke arah tubuh.

Oleksandr Gvozdyk, peraih medali perunggu Olimpiade 2012, mampu melewati badai dengan baik, terutama bagi petinju berusia 37 tahun yang sempat pensiun dari dunia tinju pada 2019 sebelum kembali bertanding tahun lalu. Gvozdyk bahkan melakukan sedikit kebangkitan pada ronde-ronde berikutnya dan membuka luka kecil di mata kiri Benavidez.

Terlepas dari beberapa keberhasilan di akhir laga, Oleksandr Gvozdyk secara rutin menemukan dirinya berada di posisi bertahan saat menghadapi lawannya yang maju menyerang. Benavidez terus mengincar penyelesaian pada ronde-ronde berikutnya, namun Gvozdyk mampu mementahkan serangan-serangan terbaiknya.

Laga hari Sabtu itu adalah yang pertama bagi Benavidez di tahun 2024. Ia dapat menjadi kandidat lawan dari pemenang laga perebutan gelar juara kelas berat ringan sejati pada tanggal 12 Oktober, antara Beterbiev dan Bivol.

Artikel Tag: David Benavidez, Oleksandr Gvozdyk

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tinju/david-benavidez-kalahkan-oleksandr-gvozdyk-masih-inginkan-canelo
736  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini