Takut Kekacuan F1 GP Australia Terulang, MotoGP Argentina Lega Batalkan Jadwal

Penulis: Abdi Ardiansyah
Selasa 17 Mar 2020, 21:50 WIB
Takut Kekacuan F1 GP Australia Terulang, MotoGP Argentina Lega Batalkan Jadwal

MotoGP Argentina, Sirkuit Termas de Rio Hondo.

Berita MotoGP: Promotor MotoGP Argentina, Orlando Terranova, mengaku lega bisa mengumumkan penundaan jadwal balap MotoGP di Sirkuit Termas de Rio Hondo sedini mungkin demi menghindari kekacauan seperti Formula 1 GP Australia.

Pada awalnya Argentina mengaku siap menggelar balapan pada pertengahan bulan April nanti. Balapan pembuka MotoGP 2020 juga awalnya digadang-gadang bakal terselenggara di sini.

Pasalnya, tiga seri sebelumnya yakni MotoGP Qatar, Thailand, dan Amerika Serikat sudah dipastikan tak bisa menggelar balapan sesuai jadwal semula akibat virus corona (covid-19) yang kian merebak luas.

Akan tetapi, pihak penyelenggara MotoGP Argentina, FIM, IRTA, dan Dorna Sports akhirnya sepakat untuk menunda balapan di Sirkuit Termas de Rio Hondo, yang harusnya digelar pada 17-19 April kini dijadwalkan ulang bakal digelar pada 20-22 November mendatang.

Menurut Terranova, menunda sebuah balapan dari jauh-jauh hari adalah keputusan yang tepat, sihingga bisa menghindari masalah seperti Formula 1 GP Australia yang batal begitu saja hanya beberapa jam sebelum sesi latihan berjalan pada Jumat (13/3) lalu. Saat itu para penonton yang datang juga sudah bersiap memasuki tribun sirkuit.

"Membatalkan sebuah acara hanya beberapa jam atau hari sebelum digelar, seperti Formula 1 GP Australia, adalah kekacauan ekonomi yang tak bisa Anda perbaiki. Inilah alasan kami coba antisipasi banyak hal," papar Terranova kepada Campeones seperti dikutip dari Motorsport.

Sebelumnya ia mengaku pihaknya sempat memiliki gagasan menggelar MotoGP tanpa penonton, namun akhirnya dibatalkan demi keputusan yang lebih baik. Alhasil, Seri Argentina dipindahkan ke 20-22 November dengan harapan situasi dunia saat itu sudah membaik.

"Kami bicara dengan Carmelo Ezpeleta (CEO Dorna Sports) dan bilang padanya bahwa balapan tanpa penonton tak bisa menguntungkan kami, dan ia memahaminya," uarnya.

Ia juga menyatakan bahwa balapan di Argentina pada November nanti bakal dalam kondisi trek terbaik untuk para rider karena cuaca akan lebih hangat pada bulan tersebut.

"Balapan di Argentina nanti bisa berjalan dengan sempurna, karena cuacanya bakal lebih hangat ketimbang April. Di tempat lain, seperti Valencia, saya lihat lebih rumit karena cuacanya dingin," pungkasnya.

Artikel Tag: MotoGP Argentina, motogp 2020, GP Australia

926  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini