Halangi Hulkenberg di Kualifikasi GP Australia, Sergio Perez Dipenalti

Penulis: Abdi Ardiansyah
Minggu 24 Mar 2024, 03:10 WIB
Sergio Perez

Sergio Perez

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Sergio Perez dijatuhi penalti penurunan grid tiga posisi untuk balapan utama GP Australia setelah secara sengaja menghalangi laju Nico Hulkenberg di Q1.

Akhir pekan GP Australia, balapan ketiga F1 2024, tengah berlangsung. Sesi latihan bebas dan kualifikasi telah diselenggarakan.

Red Bull Racing tampaknya berpeluang untuk kembali mengamankan finis pertama dan kedua di Sirkuit Albert Park. Namun rekan setim Max Verstappen. Sergio Perez, terpaksa turun tiga grid untuk main race GP Australia usai menghalangi Nico Hulkenberg (Haas) di kualifikasi. Steward tanpa ragu memberikan hukuman ini demi memberikan efek jera kepada semua pebalap di grid.

Perez sejatinya menempati urutan ketiga untuk posisi start di GP Australia. Namun sekarang pebalap berumur 34 tahun itu harus memulai dari tempat keenam. Hal ini menguntungkan Lando Norris (McLaren), Charles Leclerc (Ferrari) dan Oscar Piastri (McLaren) karena masing-masing naik satu peringkat.

Sebelum hukuman penalti untuk Sergio Perez diberikan, Steward telah mendengarkan pernyataan dari masing-masing perwakilan Red Bull dan Haas. Mereka juga meninjau data sistem positioning/marshalling, video, telemetri, radio tim, dan bukti video di dalam mobil.

Hulkenberg ketika itu tengah mencoba mencatatkan fastest lap saat mendekati Tikungan 13 Sirkuit Albert Park. Perez yang berada di out-lap sedang berada di apex tikungan sehingga Hulkenberg mau tak mau harus menghindarinya dengan melakukan mengerem lebih awal.

Sementara itu meninjau audio dari mobil Perez, Steward menemukan bahwa Red Bull tengah fokus pada mobil di depan pria asal Meksiko itu. Akibatnya mereka terlambat memberikan peringatan soal keberadaan Hulkenberg di belakangnya.

Artikel Tag: Sergio Perez, Red Bull, Haas, Nico Hulkenberg, F1 2024, GP Australia

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/halangi-hulkenberg-di-kualifikasi-gp-australia-sergio-perez-dipenalti
291  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini