Mantan Bos F1 Nilai Formula 1 Musim 2020 Sebaiknya Dihapuskan Saja

Penulis: Abdi Ardiansyah
Senin 30 Mar 2020, 13:20 WIB
Mantan Bos F1 Nilai Formula 1 Musim 2020 Sebaiknya Dihapuskan Saja

Bernie Ecclestone mantan bos Formula 1

Berita MotoGP: Mantan bos Formula 1, Bernie Ecclestone, menyarankan agar musim balap F1 2020 dihapus karena pandemi virus corona (Covid-19) yang telah merebak luas.

Virus corona yang telah merebak luas hampir ke seluruh negara di dunia. Hingga saat ini per 30 Maret, tercatat sudah ada 723 ribu kasus dan 33,983 kematian akibat wabah ini.

Pandemi ini juga turut mengganggu perekonomian global, selain itu acara-acara besar juga harus merasakan dampaknya, tak terkecuali balap Formula 1.

Hal ini pun membuat mantan bos F1, Bernie Ecclestone menyarankan agar F1 sebaiknya ditangguhkan terlebih dahulu. Dalam wawancaranya kepada Reuters, Ecclestone mengatakan bahwa saat ini sangat tidak memungkinkan untuk menggelar seri balap F1 2020.

Ia juga menilai tidak ada yang bisa memastikan kapan kejuaraan dunia F1 tahun ini aman untuk diselenggarakan.

"Hari ini apa yang bisa saya lakukan? Saya pikir saya harus mengatakan bahwa kami akan menyudahi pembicaraan perihal balapan apapun pada tahun ini. Hanya itulah yang bisa Anda lakukan untuk mengamankan semua orang, supaya tidak ada yang membuat perjanjian bodoh yang mungkin tidak akan kejadian," tutur Ecclestone.

Hingga saat ini, F1 2020 telah membatalkan GP Australia yang nyaris digelar pada 12-15 Maret lalu meskipun akhirnya wurung. GP Bahrain (20-22 Maret) juga ikut dibatalkan.

Kemudia GP Vietnam (3-5 April), GP China (17-19 April), GP Belanda (1-3 Mei), GP Spanyol (8-10 Mei), dan GP Azerbaijan (5-7 Juni) harus ditunda. Meskipun belum ditentukan kapan seri-seri balap tersebut bakal digelar lagi.

Sementara itu, penyelenggara GP Monako telah mengambil keputusan tegas berupa pembatalan seri balap di sana. Keputusan ini juga menandi absennya GP Monako pada ajang balap F1 untuk kali pertama sejak tahun 1954.

Sebelumnya, Liberty Media selaku pemilik F1 berharap bisa mengurangi seri balap pada musim ini menjadi sekitar 15 sampai 18.

Perusahaan asal Amerika Serikat itu juga berharap dapat memulai musim kompetisi tahun ini pada musim panas nanti, tetapi Bernie Ecclestone menganggap rencana tersebut adalah hal mustahil.

"Saya akan sangat, sangat terkejut andai mereka (Liberty Media) bisa merealisasikan rencana tersebut.Saya berharap mereka bisa, saya betul-betul begitu. Mereka bisa saja menggelar tiga atau empat balapan pada awal tahun depan dan tetap dihitung sebagai (bagian dari) kejuaraan dunia F1 2020."

"Masalahnya adalah di mana Anda bisa menemukan tim dan juga promotor yang mau menggelar balapan?" pungkasnya.

F1 sendiri saat ini berencana menggelar seri perdana di Kanada pada 12-14 Juni mendatang jika kondisi akibat pandemi covid-19 ini sudah memungkinkan.

Artikel Tag: f1 2020, Virus Corona

500  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini