Jadwal F1 yang Terlalu Padat Dinilai Akan Memakan Banyak Biaya

Penulis: Abdi Ardiansyah
Minggu 12 Apr 2020, 16:35 WIB
Jadwal F1 yang Terlalu Padat Dinilai Akan Memakan Banyak Biaya

Formula 1 GP Amerika Serikat

Berita F1: Bos tim Alfa Romeo, Fred Vasseur, mengatakan rencana untuk memadatkan jadwal Formula 1 harus dikaji ulang karena hal itu bisa menyulitkan keuangan tim-tim kecil.

Akibat pandemi virus corona (Covid-19) kompetisi Formula 1 2020 harus ditunda setidaknya hingga setengah musim. Kini sudah ada

Alhasil muncul berbagai wacana untuk gelaran F1 musim ini, salah satunya adalah dengan memadatkan jadwal.

Fred Vasseur, bos tim Alfa Romeo, mengungkapkan bahwa tidak semua tim sanggup membiayai balapan andaikan musim F1 2020 dipadatkan pada paruh kedua tahun 2020.

"Menggelar 18 balapan dalam enam bulan jauh lebih mahal daripada menggelar 18 balapan dalam 12 bulan. Anda harus membawa lebih banyak stok, komponen, dan bekerja dengan lebih banyak mekanik," kata Vasseur seperti dilansir Motorsport.

"Biayanya bakal amat mahal sekali. Tim Alfa Romeo takkan bisa menghadapi situasi ini dan mengembangkan mobil baru di saat yang sama. Tim kami tak bisa," ungkapnya.

Vasseur juga berpendapat salah satu cara meringankan beban tim adalah dengan menggelar balapan dalam dua hari ketimbang tiga hari seperti biasanya. Sesi balapan biasanya dimulai dari sesi latihan bebas hari Jumat, kualifikasi pada Sabtu, serta balapan di hari Minggu.

"Saya setuju jika semua keputusan bisa membantu menggelar sebanyak mungkin balapan. Kalau F1 bisa menggelar tiga balapan berturut-turut, bukan hal mustahil dua hari balapan bisa terwujud," ujarnya.

Artikel Tag: f1 2020, Virus Corona, jadwal f1

1417  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini