Dituding Tiru Desain Mobil Red Bull, Aston Martin Diselidiki FIA

Penulis: Abdi Ardiansyah
Jumat 20 Mei 2022, 23:55 WIB
Aston Martin, Lance Stroll

Lance Stroll

Ligaolahraga.com -

Berita F1: FIA menemukan bahwa komponen baru mobil Aston Martin sudah sesuai aturan dan tak menjiplak desain milik Red Bull Racing seperti yang dituduhkan.

Seperti beberapa tim Formula 1, Aston Martin juga mengupgrade sasis AMR22 di seri GP Spanyol akhir pekan ini. Mobil bermesin Mercedes itu pun langsung menarik perhatian publik saat kali pertama muncul pada Jumat (20/5).

Ubahan yang dilakukan pada bagian sidepod, lantai, halo (kerangka pelindung pebalap di atas kokpit), dan sayap belakang, dinilai punya kemiripan dengan mobil Red Bull Racing RB18.

Karena beberapa kesamaan antara keduanya, publik lantas menyebut mobil AMR22 sebagai ‘Red Bull hijau’.

Ini bukan kali pertama Aston Martin memiliki mobil yang serupa dengan milik rivalnya. Pada F1 2020, saat tim masih bernama Racing Point, mobil mereka mendapat sebutan ‘Pink Mercedes’ karena mengambil basis mobil pabrikan asal Jerman itu.

Setelah kasus ‘Pink Mercedes’, FIA lantas melarang pengulangan desain dan langsung memeriksa sasis AMR22 yang sudah diperbarui tersebut.

Badan regulator balap Formula 1 itu menjelaskan bila saat pemeriksaan memang terungkap bila terdapat sejumah fitur AMR22 yang mirip dengan mobil tim lain.

FIA juga mencari tahu apakah pembuatan komponen-komponen baru mobil tim asal Inggris itu sudah sesuai Pasal 17.3 regulasi teknis F1, yang mengatur soal rekayasa teknologi terbalik (reverse engineering) dan “potensi transfer IP (Intellectual Property) ilegal”.

Setelah pemeriksaan, FIA menemukan bahwa Aston Martin sudah mematuhi peraturan saat proses pembuatan komponen. Praktis, upgrade yang mereka lakukan legal dan tak melanggar regulasi.

“Penyelidikan yang melibatkan pemeriksaan CAD dan analisis rinci dari proses pengembangan yang diadopsi Aston Martin menegaskan tidak ada kesalahan yang mereka lakukan,” demikian pernyataan resmi FIA.

“Oleh karena itu, FIA menganggap bahwa pembaruan dan peningkatan fungsi komponen aerodinamika yang dilakukan sudah sesuai (regulasi).”

Artikel Tag: aston martin, Red Bull, F1 2022, GP Spanyol

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/dituding-tiru-desain-mobil-red-bull-aston-martin-diselidiki-fia
688  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini