Robert Komentari Fenomena Pemecatan Pelatih di Liga 1 2021/2022

Penulis: M. Aldi
Minggu 23 Jan 2022, 19:00 WIB
Pelatih Persib, Robert Rene Alberts

Robert Rene Alberts (foto : Persib Official)

Ligaolahraga.com -

Berita Liga 1 Indonesia : Satu-persatu pelatih klub di Liga 1 2021/2022 bertumbangan. Nahkoda Persib Bandung, Robert Rene Alberts pun mengomentari fenomena banyaknya klub yang memecat pelatih di tengah musim kompetisi.

Terbaru, Persija Jakarta memecat Angelo Alessio dan di kubu Borneo FC berpisah dengan Risto Vidakovic. Artinya sudah 12 klub dari 18 kontestan liga yang memecat juru racik taktinya di musim ini.

Bahkan Borneo dan PSIS sudah melakukan pergantian sang nahkoda tim sebanyak dua kali. Robert pun menilai bahwa mungkin saja apa yang terjadi dalam kompetisi Indonesia merupakan sebuah rekor dunia.

"Selain Persib, hanya ada lima klub yang belum diganti pelatihnya, Bhayangkara FC, Persebaya, Arema, Bali dan Persita. Jadi jika melihat total ada 18 klub dikurangi enam maka ada 12 tim yang mengganti pelatih dan beberapa ada yang dua kali. Mungkin ini rekor di dunia," terang Robert ketika diwawancara.

Tersisa enam tim saja yang belum memecat pelatihnya dan lima di antaranya merupakan tim berperingkat lima besar. Hanya Persita yang sementara berada di papan tengah tapi masih tetap mempercayakan sosok Widodo Cahyono Putro.

"Apa yang kami lakukan? apa filosofi di balik itu? Kamu harus realistis, kamu harus profesional dalam melakukan pendekatan (target). Ini seperti rekor dunia, karena ada sangat banyak melakukan pergantian pelatih," ujar dia.

Menurutnya tugas seorang pelatih tidak mudah dan memang perlu waktu dalam membentuk sebuah tim. Sedangkan klub-klub di Indonesia menurut Robert tidak realistis. Pihak manajemen seharusnya bisa mengukur apa target dari tim dengan tidak mematok bidikan yang tinggi.

"Jika 3-5 pelatih, atau mengacu ke Liga Inggris sebagai contoh, kalian bisa lihat tidak banyak pelatih diganti. Padahal itu liga terbaik di dunia, dan punya ekspektasi tertinggi. Tapi mereka juga realistis," tukasnya.

Artikel Tag: Persib, robert rene alberts

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/robert-komentari-fenomena-pemecatan-pelatih-di-liga-1-20212022
473  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini