Mulai Dari Rumput Sampai Tribun Stadion GBT Surabaya Direnovasi untuk Piala Dunia

Penulis: Dayat Huri
Jumat 22 Mei 2020, 08:15 WIB
Mulai Dari Rumput Sampai Tribun Stadion GBT Surabaya Direnovasi untuk Piala Dunia

Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya/foto dok Persebaya

Berita Piala Dunia: Sebagai salah satu stadion yang disiapkan sebagai venue penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021 nanti, Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) terus bersolek untuk membenahi sejumlah kekurangan, seperti tribun stadion, akses menuju stadion, dan rumput lapangan.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman PU Cipta Karya Surabaya, Imran Krestian menerangkan, pihaknya terus mengebut proses renovasi stadion kebanggaan warga Kota Surabaya. Untuk saat ini, sudah ada perusahaan yang ditetapkan sebagai pemenang lelang dan dipercaya untuk melakukan renovasi.

"Sudah ada pemenang lelang untuk merenovasi Stadion GBT, termasuk penggantian rumput stadion. Nantinya pakai sistem tanam rumput, bukan lembaran rumput," katanya, seperti dilansir laman Surya Malang.

Dijelaskannya, untuk rumput yang nantinya akan ditanam merupakan rumput lokal dengan total dana yang dibutuhkan mencapai Rp1,5 miliar.

"Meskipun rumput lokal, tapi kualitas internasional, sudah standar FIFA, dan sudah recomended," terang Iman.

Saat ini sedang tahap identifikasi lapisan lapangan rumput eksisting. Langkah ini untuk mengetahui kedalaman pengupasan rumput saat sistem tanam. Sistem ini dipilih karena akan membuat lapangan rata, rumput bisa bertahan lama, dan nyaman digunakan aktivitas.

Diperkirakan sistem tanam rumput itu butuh waktu sekitar dua bulan. Pemkot juga memperbaiki fasilitas lain di GBT, seperti menganti tempat duduk menjadi seat tunggal.

"Kami juga memasang pagar keliling, penambahan lampu stadion, dan pemasangan lift," kata Iman.

Proses renovasi stadion memang tetap harus dilakukan di tengah pandemi seperti sekarang ini karena berdasarkan informasi terakhir yang didapat PSSI dan FIFA, gelaran Piala Dunia U-20 akan tetap digelar sesuai jadwal yang sudah ditetapkan di awal, yaitu pada 24 Mei sampai dengan 12 Juni 2021.

Artikel Tag: Piala Dunia, FIFA, PSSI, stadion gelora bung tomo

3415  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini