PSSI Siapkan Wasit Jepang dan Inggris untuk Pimpin Pertandingan Liga

Penulis: Dayat Huri
Kamis 04 Apr 2024, 12:00 WIB
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir memimpin Rapat Exco PSSI

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir memimpin Rapat Exco PSSI/foto dok PSSI

Ligaolahraga.com -

Berita Sepak Bola Nasional: Rapat Exco PSSI yang digelar pada Rabu (3/4) di Jakarta membahas sejumlah hal penting untuk kemajuan sepak bola Tanah Air ke depan. Salah satu hal yang jadi titik fokus pembahasan adalah transformasi wasit Indonesia dengan menghadirkan Wakil Komisi Wasit Yoshimi Ogawa.

Pada kesempatan yang sama juga diputuskan terkait pelaksanaan Kongres tahunan PSSI yang yang akan dilaksanakan pada 10 Juni 2024 di mana pada kongres tersebut akan dibahas pemaparan program kerja tahun 2025 serta audit keuangan dari induk organisasi sepak bola Tanah Air itu.

Dalam pertemuan yang juga dihadiri pengelola liga tersebut juga dibahas terkait pengaturan jadwal liga yang diselaraskan dengan program dan jadwal timnas Indonesia pada event ataupun laga internasional.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengungkapkan bahwa saat ini pihaknya bersama Komisi Wasit tengah menyusun digitalisasi perwasitan.

"Seluruh wasit masuk ke dalam suatu sistem dari Inggris, semua kejadian atau keputusan yang diambil wasit semua tersimpan dalam sistem tersebut. Jadi wasit dapat belajar dari kejadian tersebut," kata dia seperti dikutip dari laman resmi federasi.

Dia menyebut, dengan digitalisasi perwasitan maka klub-klub yang merasa dirugikan atas kepemimpinan sang pengadil dalam sebuah pertandingan dapat melaporkannya sekaligus meminta challenge yang akan dijadikan sebagai bahan penilaian kinerja sang wasit.

"Kalau ada klub yang merasa dirugikan dengan keputusan wasit, selain klub dapat melaporkan kejadian dan meminta challenge juga nanti akan kelihatan kinerja wasit dan sistem tersebut," ujar Erick Thohir menambahkan.

Langkah lain yang juga akan diambil untuk meningkatkan kualitas wasit Tanah Air adalah dengan mendatangkan wasit asal Jepang dan Inggris untuk memimpin pertandingan Liga Indonesia selama satu bulan.

"Kita juga tahun depan akan mendatangkan wasit baik dari Liga Jepang ataupun Liga Inggris untuk memimpin di Liga sebulan. Jadi lebih independen serta akan ada transfer pengetahuan dari para wasit yang datang ke Indonesia tersebut," ungkap Erick Thohir.

Sepanjang gelaran Liga 1 Indonesia musim 2023/2024 memang masih terdapat beberapa kepemimpinan wasit yang dinilai kontroversial sehingga membuat sejumlah klub kecewa dan berujung dengan pelayangan surat keberatan atas kepemimpinan wasit kepada PSSI ataupun Komisi Wasit.

Artikel Tag: PSSI, Erick Thohir

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/pssi-siapkan-wasit-jepang-dan-inggris-untuk-pimpin-pertandingan-liga
475  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini