Duo Srikandi Lolos Kursus Wasit Lisensi C1 di Bogor

Penulis: Dayat Huri
Selasa 05 Mar 2024, 05:15 WIB
Peserta perempuan kursus wasit Lisensi C1, Mellenia Dinda Saputri dan Eka Nurul Permatasari

Peserta perempuan kursus wasit Lisensi C1, Mellenia Dinda Saputri dan Eka Nurul Permatasari/foto dok PSSI

Ligaolahraga.com -

Berita Sepak Bola Nasional: Nama Mellenia Dinda Saputri dan Eka Nurul Permatasari adalah dua wasit wanita tangguh di antara 22 wasit pria lain yang ikut ambi bagian pada seleksi dan kursus wasit Lisensi C1 yang bergulir 2-8 Maret 2024 di Bogor.

Kedua srikandi tersebut berasal dari Jawa Timur. Mereka lolos menyisihkan 11 orang wasit lain yang gugur pada tes kebugaran di hari pertama dari total 35 wasit yang mengikuti seleksi.

"Alhamdulillah kami bisa lolos seleksi. Kami bisa melahap lari 4.000 meter dan lebih 200 meter," buka keduanya seperti dikutip dari laman resmi pssi.

Memang, sebelum tes interval, mereka menjalani lari 40 meter sebanyak enam kali, lalu lanjut interval sebanyak 10 lap. Ditanya terkait latar belakang mengapa memilih pekerjaan sebagai wasit wanita, keduanya sepakat mengungkapkan awal mulanya karena menyukai sepak bola.

"Adanya dukungan dari kedua orang tua dan komite wasit yang menjadi dorongan kuat kami untuk berkarier di dunia perwasitan Indonesia," jelas Mellenia Dinda.

Adapun tugas paling berkesan selama memimpin pertandingan juga sempat dirasakan oleh keduanya.

"Kalau saya waktu memimpin pertandingan di Kalimantan Tengah di Kajati Kalteng Cup skala nasional," tutur Mellenia Dinda.

Sedangkan Eka Nurul masih di tingkatan Asosiaso Provinsi (Asprov), yakni putaran provinsi Piala Soeratin, dan Pertiwi regional Jatim. Keduanya juga memiliki harapan besar di kegiatan kursus wasit Lisensi C1.

"Saya sangat semangat karena ini gratis (tanpa dipungut biaya oleh PSSI), sekalian balas dendam di EPA (Elite Pro Academy) kemarin kita gagal berdua," imbuh Eka Nurul.

Adapun dalam kegiatan ini tak hanya praktik yang diberikan oleh instruktur FIFA Subkhiddin Mohd Salleh, banyak materi juga diberikan. Antara lain pendalaman mengenai law of the game, bagaimana menjadi wasit yang modern, mengenai penalti area, handsball, offside, tactical fouls, positioning and reading the game, dan beberapa hal mendasar lain. Dalam tugasnya, Subkhiddin dibantu oleh Purwanto, Jimmy Napitupulu, dan Pratap Singh.

Artikel Tag: PSSI, Mellenia Dinda, Eka Nurul

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/duo-srikandi-lolos-kursus-wasit-lisensi-c1-di-bogor
314  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini