Jay Idzes Resmi Jadi WNI, Pemain Keturunan Ketujuh di Era Shin Tae-yong

Penulis: Dayat Huri
Kamis 28 Des 2023, 20:15 WIB
Jay Idzes setelah menuntaskan proses naturalisasi sebagai WNI

Jay Idzes setelah menuntaskan proses naturalisasi sebagai WNI/foto dok pssi

Ligaolahraga.com -

Berita Timnas Indonesia: Pemain klub Venezia F.C yang kini berkompetisi di Serie B Italia, Jay Idzes resmi menyandang status sebagai Warga Negara Indonesia (WNI). Hal itu setelah dirinya selesai melakukan pengambilan sumpah dan janji setia pewarganegaraan Republik Indonesia di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Kamis (28/12).

Proses naturalisasi pemain 23 itu berlangsung singkat. Pada awal Desember ini Komisi III dan X DPR RI menyetujui pengajuan naturalisasi keduanya. Sehari berselang Paripurna DPR mengetuk palu persetujuan.

Selama timnas Indonesia ditukangi Shin Tae-yong, Jay Idzes merampungkan pemain keturunan Eropa yang telah resmi dinaturalisasi PSSI, enam pemain lainnya adalah Jordi Amat, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Ivar Jenner, Rafael Struick dan yang terakhir adalah Justin Hubner. Mereka semua yang sudah menjadi WNI, kini sudah bersama tim nasional Indonesia yang sedang melakukan TC di Turki.

Lahir pada 2 Juni 2000 di Mierio, Belanda, pria berpostur 191 cm ini memiliki darah Indonesia dari kakek dan neneknya. Dia berposisi sebagai bek tengah di timnya saat ini.

Setelah jadi WNI, Jay Idzes mengaku senang. Ia tampak antusias menjalani tahapan-tahapan proses menjadi WNI.

Setelah menjalani pengambilan sumpah dan janji setia pewarganegaraan Republik Indonesia di Kanwil Kemenkumham, Jay Idzes langsung menuju kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta kantor Imigrasi untuk mengurus KTP dan paspor.

Dan sebelum dapat mewujudkan impiannya untuk memperkuat timnas Indonesia pada laga internasional, Jay Idzes dibantu PSSI harus terlebih dahulu mengurus kepindahan federasi dari KNVB (federasi sepak bola Belanda).

Dia hampir dipastikan belum dapat tampil bersama timnas Indonesia di Piala Asia karena proses administrasinya diprediksik belum akan selesai dalam waktu dekat. Dia baru akan bisa turun saat skuat Garuda berlaga di Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Vietnam pada bulan Maret.

Artikel Tag: jay idzes, tinnas indonesia, PSSI

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/jay-idzes-resmi-jadi-wni-pemain-keturunan-ketujuh-di-era-shin-tae-yong
3876  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini