Ansu Fati Jadi Pemain Termuda yang Pernah Bela Spanyol Usai Diturunkan Kontra Jerman

Penulis: Rei Darius
Jumat 04 Sep 2020, 11:30 WIB
Ansu Fati Jadi Pemain Termuda yang Pernah Bela Spanyol Usai Diturunkan Kontra Jerman

Ansu Fati ketika beraksi pada laga Spanyol kontra Jerman (Image: UEFA)

Berita Sepak Bola: Penyerang remaja Barcelona, Ansu Fati, memecahkan rekor pemain termuda yang pernah bermain untuk tim nasional Spanyol sejak tahun 1936, setelah melakoni debutnya untuk timnas senior pada laga kontra Jerman di Liga Negara UEFA.

Sang pemain berusia 17 tahun itu sudah mencuri headline sejak melakoni debutnya bersama tim senior Barcelona pada musim 2019/2020, meskipun musimnya berakhir antiklimaks karena La Blaugrana tak mampu meraih satu gelar pun.

Fati melakoni debutnya untuk Barcelona pada usia 16 tahun 298 hari pada tanggal 25 Agustus lalu dalam laga kontra Real Betis, dan sejak saat itu, ia sudah tampil dalam 33 pertandingan di semua ajang dengan mencetak delapan gol.

Performa gemilangnya selama setahun terakhir berujung kepada pemanggilan dari Luis Enrique untuk seleksi timnas Spanyol pada jeda internasional bulan September ini.

Ansu Fati diutus ke lapangan tepat setelah jeda turun minum, menggantikan Jesus Navas, ketika skor masih sama kuat tanpa gol sebelum Timo Werner memecahkan kebuntuan untuk Jerman pada menit ke-51.

Dengan kehadirannya di lapangan Mercedes-Benz Arena, Stuttgart, pada Jumat (4/9) dini hari tadi WIB, maka Fati tercatat sebagai pemain termuda kedua yang pernah bermain untuk timnas Spanyol.

Rekor termuda pemain timnas Spanyol masih dipegang oleh Angel Zubieta yang melaksanakan debutnya pada usia 17 tahun 284 hari ketika Spanyol berhadapan dengan Cekoslovakia pada April 1936 silam.

Ansu Fati, yang sebenarnya baru dinaturalisasi dari Guinea-Bissau pada tahun 2019 lalu, menjadi anggota ke-800 di timnas Spanyol dan melakoni debutnya pada usia 17 tahun 308 hari.

Spanyol sendiri akhirnya berhasil mencetak gol penyeimbang pada menit-menit akhir masa injury time lewat usaha dari bek kiri Valencia, Jose Gaya.

Ini merupakan partai perdana Liga Negara UEFA musim 2020/2021 dan Spanyol akan melanjutkan perjuangan mereka di Grup A4 dengan menghadapi Ukraina pada hari Senin (7/9) dini hari WIB. 

Artikel Tag: ansu fati, Timnas Spanyol, Timnas Jerman, Liga Negara UEFA

566  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini