IBL Akhirnya Mengungkapkan Alasan Membatalkan Liga

Penulis: Senja Hanan
Sabtu 17 Okt 2020, 20:02 WIB
Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah. (Images: IBL)

Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah. (Images: IBL)

Berita Basket IBL: Direktur IBL, Junas Miradiarsyah akhirnya mengungkapkan alasan untuk membatalkan liga. Menurutnya, ada beberapa faktor yang membuat jadwal liga tidak bisa dimundurkan.

Dia menyebut bahwa di bulan November penyelenggara harus mulai persiapan musim berikutnya. Selain itu ada beberapa agenda yang harus diselenggarakan di jeda kompetisi, seperti Draft Ruki dan Pemain Asing. Sementara itu, klub peserta juga harus memulai program latihan mereka.

"Sulit sekali untuk mundur lagi. Di bulan November kami juga harus melakukan persiapan untuk musim kompetisi 2021. Ada beberapa rangkaian program yang perlu dilakukan sebelum musim dimulai, seperti Rookie dan Draft pemain asing. Penting juga untuk diperhatikan yaitu momentum persiapan kondisi fisik pemain, agar memasuki musim baru dalam kondisi prima," kata Junas Miradiarsyah, seperti dikutip dari laman resmi liga.

Lanjutan liga bola basket Indonesia sebenarnya sudah mengalami pengunduran jadwal beberapa kali. Namun yang terakhir, mereka berniat melanjutkan kompetisi musim ini pada 13-27 Oktober, dengan membuat model "gelembung" seperti di NBA.

Karena perizinan kegiatan belum keluar hingga batas akhir persiapan, akhirnya IBL terpaksa dibatalkan. Dari sisi persiapan teknis di Mahaka Square Arena, Jakarta, sebenarnya sudah sangat matang. Koordinasi sudah dilakukan liga dengan intansi terkait, termasuk dengan pengelola arena yang digunakan untuk lanjutan kompetisi.

"Kami pun telah mempersiapkan yang terbaik. Sterilisasi seluruh area yang akan digunakan tim peserta liga sudah dilakukan. Kami juga melakukan tes kesehatan untuk karyawan kami yang rencana bertugas di tempat tersebut," ungkap Reza Bovier selaku GM Hotel Santika Kelapa Gading.

Tanggapan dari pihak klub juga beragam. Meski pada dasarnya mereka mendukung keputusan IBL untuk membatalkan kompetisi musim ini. Karena bisa berpengaruh pada kondisi finansial klub dan mental pemain.

Sementara itu, sampai saat ini, liga belum memberikan update kapan musim baru akan dimulai, jumlah peserta liga, hingga agenda-agenda seperti Draft Ruki dan Pemain Asing. Acara terdekat, liga akan mengumumkan penghargaan individu untuk musim 2020 pada Minggu, 18 Oktober esok.

Artikel Tag: IBL, Junas Miradiarsyah

607  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini