Berita Olimpiade: Catatan Kemeriahan Upacara Pembukaan Olimpiade Tahun 1984 Hingga 2016

Penulis: riska
Minggu 07 Agu 2016, 05:52 WIB
Berita Olimpiade: Catatan Kemeriahan Upacara Pembukaan Olimpiade Tahun 1984 Hingga 2016

Seorang Skydiver Melakukan Atraksi di Pembukaan Olimpiade Seoul tahun 1988

Ligaolahraga.com -

Ligaolahraga - Berita Olimpiade: Olimpiade selalu memikat para pecinta olahraga, dalam berbagai alasan, termasuk cerita dan pembukaan yang meriah dari setiap olimpiade. Kali ini kami akan mengulas pembukaan olimpiade dari tahun 1984 hingga Olimpiade 2012 di London. Rentang waktu itu membuka catatan ligaolahraga.com tentang pembukaan meriah olimpiade berdasarkan ide dan inovasi yang dilakukan.

Menurut beberapa sumber, Olimpiade tidak dimulai pada tahun 1984, tetapi dimulai di Seoul pada tahun 1988 atau Barcelonan di tahun 1992. Namun hal ini memunculkan beberapa kritik, dikarenakan pada tahun 1984 banyak penyanyi terkenal yang membawakan lagunya di Los Angeles tahun itu, antara lain Michael Jackson dengan lagunya “Beat it”, Irene Cara dengan”Fame” dan “One” dengan A Chorus Line.

Di setiap Olimpiade berlangsung, teknologi selalu digunakan oleh setiap negara tuan rumah. Dimulai di Olimpiade Sydney pada tahun 2000. Setiap tuan rumah menginginkan bahwa gelaran yang dilaksanan di negaranya harus lebih baik dari olimpiade sebelumnya.

Los Angeles, 1984

Pembukaan olimpiade yang diselenggarakan di Amerika Serikat sangat didukung oleh para musisi Amerika Serikat saat itu. Baik dari nyanyian gospel “When the Saints Go Marching In” dan penyanyi terkenal lainnya seperti Michael Jackson.

Pada saat itu, tidak ada layar digital atau peralatan yang rumit yang digunakan di pembukaan Olimpiade tahun 1984. Kebanyakan pemain dan penari menari di atas rumput tanpa ilusi digital. Penampilan langsung dari George Gershwin yang diiringi oleh 84 piano memberikan inspirasi bagi para penonton. Pada tahun 1984 penggunaan perlengkapan jet masih jarang, dan beberapa penari menggunakan jet untuk terjun di lapangan untuk menampilkan beberapa tarian.

Seoul, 1988

Keunikan dari Korea Selatan dan music tradisional mereka dibawakan dalam pembukaan olimpiade pada tahun 1988. Ada demonstrasi taekwondo dan beberapa skydiver yang membentuk cincin ikon Olimpiade di langit.

Juga terdapat sebuah insiden pada pembukaan olimpiade kali ini, panitia melepaskan beberapa burung dara yang membentuk symbol peace. Namun burung-burung itu terbakar di langit dan membuat para penonton kala itu kaget. Hal ini membuat panitia olimpiade tidak akan menggunakan burung-burung hidup selama petunjukkan berlangsung.

Barcelona, 1992

Barcelona mendemonstrasikan tampilan artistic di lapangan. Dimulai dari tarian Flamenco dilanjut dengan arak-arakan penari dan atlet yang tidak terlalu rapih dan berlebihan.

Pembukaan olimpiade kala itu diselenggarakan di sekitar arsitektur Gaudi dengan latar belakang karya abstrak yang menampilkan pertarungan laut. Seorang pemanah memanahkan panah yang membawa api ke ketel Olimpiade yang hingga saat ini menjadi momen ikon bagi beberapa acara olimpiade.

Atlanta, 1996

Pada tahun 1996 produksi televisi modern sudah dilakukan, dengan cahaya dan pergerakan kamera yang lebih baik. Namun panitia olimpiade Atlanta memutuskan untuk menggunakan cheerleaders, marching band,truk monster, banyak kembang api  dan penampilan Celine Dion dalam memeriahkan pembukaan Olimpiade tahun 1996.

Legenda petinju, Muhammad Ali juga turut bergabung dalam memeriahkan upacara pembukaan kala itu. Ali yang saat itu sudah menderita penyalit Parkinson, membawa obor untuk menyalakan ketel olimpiade sebagai tanda dimulainya gelaran olimpiade tahun 1996. Penampilannya hingga saat ini masih menjadi salah satu momen terbaik di sejarah olimpiade.

Sydney, 2000

Pada tahun 2000, sudah banyak teknologi muncul. Kala itu Sydney mencoba memadukan penampilan terbaik dari Olimpiade Barcelona dan Atlanta.

Seorang anak perempuan berumur 10 tahun, Nikki Webster mencoba menampilkan kebudayaan Australia. Beberapa pertunjukkanya ia lakukan di udara, sehingga membuat tarian dan nyanyianya spektakuler. Budaya Aborigin menjadi sorotan utama dalam acara tersebut.

Juga adanya penampilan dari pemain semprotan api, bunga-bunga neon yang spektakuler, pesta tarian multicultural dan penampilan Olivia Newton-John.

Di pembukaan olimpiade 2000, memang tidak ada Muhammad Ali sebagai pembawa obor, namun ada sprinterasli Aborigin, Cathy Freeman, yang menyalakan api di ketel Olimpiade.

Athens, 2004

Kala itu banyak orang menyangka bahwa olimpiade yang diselenggarakan di Atena akan penuh dengan padang pasir.  Kota Atena pada tahun 2004 sudah padat dengan penduduk dan membuat tebakan setiap orang salah.

Saat itu cincin olimpiade dinyalakan dari api, dan membuat upacara pembukaan olimpiade terang benderang. Penari dari Atena dengan dandanan ala mumi dan patung yang hidup. Pembukaan olimpiade tahun 2004 ini yang pertama kali menggunakan proyektor visual yang mengambang dan membuatnya terlihat luar biasa.

Beijing, 2008

Kembang api menjadi acara utama di pembukaan olimpiade Beijing kala itu. Pembuat film Hero, Zhang Yimou menyutradarai 2 bagian upacara pembukaan dengan menampilkan Cina kuno dan modern.

Cincin olimpiade muncul secara digital dari lantai dan naik hingga ke langit. Proyektor digital dan beberapa peralatan fisik digunakan pertama kali. Hingga saat ini teknik tersebut sering digunakan di beberapa gelaran besar.  

Ketel olimpiade dinyalakan oleh mantan atlet olimpiade Li Ning. Ketika api mulai menyala banyak kembang api yang menyambut di seluruh kota dekat stadion.

London, 2012

Pemenang Oscar Danny Boyle tampil di upacara pembukaan olimpiade London, serta pembuat film Trainspotting dan Slumdog Millionairedikirim untuk memimpin beberapa bagian dari upacara pembukaan olimpiade. Boyle memilih menggunakan banyak atribut seperti penyangga di tubuhnya. Sedangkan lantai stadion ditutupi dengan adegan teaterikal penari yang merepresentasikan masing-masing kerajaan di Inggris.

Acara dimulai dengan latar belakang musik yang merepresentasikan revolusi industri. Cincin olimpiade dibentuk di atas stadion dan dinyalakan di langit.

Pemain James Bond (Daniel Craig) mendampingi ratu Elizabeth dari Buckingham Palace menuju stadion. Selain itu juga terlihat Mr. Bean, Dizze Rascal, Arctic Minkeys bahkan David Beckham.

Berbeda dengan sebelumnya, beberapa atlet muda dipilih oleh mantan atlet Olimpiade asal Inggris untuk menyalakan ketel Olimpiade. Acara diakhiri dengan nyanyian “Hey Jude?” yang dibawakan Paul McCartney.

Brazil, 2016

Upacara yang menjadi bagian dari penyelenggaraan Olimpiade 2016 itu dihadiri beragam selebritas dan pemimpin dunia, termasuk Presiden sementara Brasil, Michel Temer.

Pembukaan Olimpiade 2016 di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Brasil, ditandai dengan pesan agar khalayak dunia melestarikan lingkungan.

Tampil di hadapan 50.000 penonton, para penari dan musisi Brasil mengawali upacara pembukaan dengan mengisahkan kehidupan rakyat Brasil di hutan-hutan pada masa lampau. Kisah itu diwujudkan melalui permainan tata lampu nan hijau dan koreografi tarian yang khas.

Ada pesan khusus yang hendak disampaikan kepada puluhan ribu penonton di stadion dan 3 miliar pemirsa yang menyaksikan lewat siaran televisi di berbagai penjuru dunia. Setiap atlet akan diberikan bibit tanaman untuk ditanam di Hutan Atlet yang akan menjadi “warisan para atlet untuk Rio de Janeiro".

“Mereka akan meninggalkan sebuah pohon di Brasil. Mudah-mudahan dalam waktu dua tahun kita akan memiliki hutan Olimpiade yang bagus. Kami akan merayakan kemanusiaan dan kami akan merayakan Rio,” kata Balich selaku produser utama pertunjukan upacara pembukaan Olimpiade 2016.

Selain menyampaikan pesan lingkungan, upacara pembukaan Olimpiade 2016 diwarnai dengan berbagai pencapaian Brasil, antara lain pesawat ciptaan Alberto Santos-Dumont, yang diklaim sebagai pesawat pertama dunia.

Artikel Tag: Pembukaan Olimpiade, pembukaan olimpiade 2016, Olimpiade Rio

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/olahraga-lain/berita-olimpiade-catatan-kemeriahan-upacara-pembukaan-olimpiade-tahun-1984-hingga-2016
2908  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini