Pandemi Belum Reda, MotoGP 2021 Terancam Kacau Lagi

Penulis: Abdi Ardiansyah
Kamis 11 Feb 2021, 19:35 WIB
Para rider MotoGP mengenakan masker, MotoGP 2021

Para rider MotoGP mengenakan masker

Berita MotoGP: Pandemi Covid-19 telah membuat kompetisi musim lalu kacau balau. Belum meredanya pandemi ini pun membuat banyak pihak khawatir MotoGP 2021 bakal terdampak lagi.

Kompetisi MotoGP 2021 sejatinya sudah tinggal beberapa pekan lagi. Tim pabrikan di MotoGP mulai Honda hingga Ducati telah merilis skuat mereka untuk mengarungi musim ini. Namun hingga sekarang kalender kejuaraan yang fix untuk musim ini masih belum juga dirilis.

Ducati menjadi salah satu tim yang sudah siap menyambut musim balap MotoGP 2021. Peluncuran tim tersebut dilakukan secara online pada Selasa 9 Februari 2021 malam WIB, mereka telah meluncurkan motor baru mereka.

Kendati demikian, Direktur Olahraga Ducati, Paolo Ciabatti, tak sepenuhnya yakin bahwa kejuaraan musim ini bakal berlangsung mulus. Sebab, pandemi Covid-19 masih berlangsung dan ini juga yang membuat pihak penyelenggara tak kunjung merilis kalender kejuaraan.

Bukan hanya itu, tes pramusim MotoGP 2021 sendiri mengalami kemunduran jadwal. Seharusnya tes sudah dilakukan pada Februari ini. Akan tetapi, kini tes pramusim harus diundur ke bulan Maret sambil menanti situasi membaik.

Ciabatti sendiri sebenarnya berharap agar kejuaraan kali ini bisa berlangsung lebih baik ketimbang musim lalu. Karena dalam gelaran MotoGP 2020, terdapat 14 seri balapan dengan jadwal yang sangat padat yang diakui oleh Ciabatti bahwa hal tersebut sebenarnya tidak kondusif.

“Tahun lalu kejuaraan dimulai pada akhir Juli dan kami menyelesaikan 14 balapan. Tiga event (secara beruntun) sangat sulit untuk diatur dan sangat sulit bagi semua orang - untuk tim dan pembalap,” tutur Ciabatti sebagaimana dilansir dari Speedweek.

“Sangat diharapkan bahwa ini tidak lagi diperlukan tahun ini. Tetapi benar juga bahwa situasinya terus berubah - dan hampir tidak pernah ke arah yang positif. Kalender telah diubah – dengan balapan ganda di Qatar dan Portimao.”

“Namun, Portugal saat ini sedang mengalami krisis yang serius akibat pandemi, negaranya di-lockdown dan harus memindahkan pasien ICU ke Spanyol. Situasi ini pasti sedang diamati oleh Dorna, selaku promotor Piala Dunia melakukan kontak dengan otoritas setempat,” tandasnya.

Sejumlah sirkuit yang digunakan dalam Kejuaraan Dunia MotoGP berada di Spanyol, seperti Jerez, Aragon, dan Catalunya. Kendati demikian, saat ini Pemerintah Spanyol melakukan pembatasan perjalanan terhadap orang-orang yang datang dari beberapa negara tertentu.

Inggris jadi salah satu negara yang masuk ke dalam daftar pelarangan tersebut. Pemerintah Spanyol telah melihat angka kasus Covid-19 di Inggris kembali meninggi dan itu dinilai cukup membahayakan jika dipaksakan.

Artikel Tag: MotoGP 2021, Covid-19

793  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini