Penasihat Red Bull Nilai Steward Tak Beri Perlakuan Adil Pada Timnya

Penulis: Abdi Ardiansyah
Senin 06 Des 2021, 23:20 WIB
Red Bull, Max Verstappen

Max Verstappen

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Penasihat Red Bull, Helmut Marko, merasa timnya tak mendapatkan perlakukan adil dari para steward F1 dengan menjatuhkan penalti 10 detik untuk Max Verstappen.

Max Verstappen akhirnya gagal memenangkan GP Arab Saudi usai dinyatakan bersalah atas insiden bentrokan dengan Lewis Hamilton pada lap ke-37. Ketika itu, Verstappen memaksa Hamilton untuk melebar di Tikungan 1 Sirkuit Jeddah sebanyak dua kali.

FIA lantas memintanya untuk mengembalikan posisi pertamanya kepada sang. Pebalap asal Belanda itu juga dijatuhi penalti waktu lima detik karena dianggap telah mendapatkan keuntungan dengan melaju di luar trek.

Ketika mendapat arahan untuk mengembalikan posisinya kepada Lewis Hamilton, Max Verstappen mencoba untuk melambat. Tapi ia dianggap telah melakukan pengereman secara mendadak ketika Hamilton berada tepat di belakangnya sehingga senggolan antara keduanya tak terhindarkan.

Kejadian tersebut membuat para Steward memutuskan untuk melakukan penyelidikan usai perlombaan terakhir.

Red Bull Racing pun tak senang karena Hamilton tertinggal lebih dari 10 mobil di belakang Verstappen dalam perjalanannya ke grid saat balapan dimulai kembali usai red flag. Mereka juga meyakini pebalapnya dipaksa melebar di tikungan terakhir sehingga memungkinkan Hamilton untuk kembali memimpin.

Penasihat Red Bull, Helmut Marko, menyebutnya seri GP Arab Saudi sebagai perlombaan luar biasa, tetapi timnya mengaku tak terima dengan keputusan Steward.

“Para teknisi kami sedang mempersiapkan bahwa kami dapat membuktikan Max konsisten dengan pengeremannya, tidak seperti yang dikatakan Lewis,” kata Marko dilansir dari Motorsport.com.

“Dia menabrak mobil kami, yang menyebabkan dua goresan di ban belakang Max. Itu sangat tidak memungkinkan kami untuk menyerang. Kami harus melambatkan laju,” ia mengimbuhkan.

“Itu adalah satu hal. Hal berikutnya adalah pada start kedua, Hamilton tertinggal lebih dari 10 mobil. (Sebastian) Vettel mendapat penalti di Budapest ketika dia melakukannya. Tetapi dengan manuver ini Lewis menggunakan ban baru untuk restart,” lanjutnya.

“Dia bisa mendorong Max keluar trek, tidak ada peringatan. Jadi, kami merasa tidak mendapat perlakuan yang sama.”Lewis Hamilton sebenarnya mendapat panggilan dari Steward mengenai dua insiden pada Sabtu. Tapi, tidak ada tindakan apa pun, dan peraih tujuh gelar F1 itu hanya mendapatkan teguran karena dianggap menghalangi laju rival,” tutur Marko

“Ini merupakan pengambilan keputusan yang cenderung sepihak,” ia mengakhiri.

Artikel Tag: Helmut Marko, Red Bull, F1 2021, GP Arab Saudi

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/penasihat-red-bull-nilai-steward-tak-beri-perlakuan-adil-pada-timnya
390  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini