PSSI Pastikan Israel Tetap Tampil di Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia

Penulis: Dayat Huri
Senin 27 Jun 2022, 22:45 WIB
Sekjen PSSI, Yunus Nusi

Sekjen PSSI, Yunus Nusi/foto dok pssi

Ligaolahraga.com -

Berita Piala Dunia: PSSI selaku induk organisasi sepak bola tanah air memastikan bahwa Israel akan tetap tampil pada putaran final Piala Dunia U-20 2023 yang akan berlangsung di Indonesia. Mereka memastikan tiket lolos setelah berhasil finish di posisi runner grup A babak grup B Piala Eropa U-19 2022 di Slovakia.

Intrik politik yang kerap mewarnai perjalanan Israel selalu negara yang masih berkonflik dengan Palestina terkait Gazza membuat kehadiran negara itu tidak cukup diinginkan oleh sebagian warga Indonesia.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi pun menegaskan bahwa semua negara berhak bermain di Piala Dunia U-20 yang digelar di Indonesia.

"Soal Israel, saya rasa sudah ada tanda tangan agreement pemerintah tahun lalu. Siapa pun yang lolos bisa datang," ujar Yunus Nusi seperti dilansir laman resmi klub.

Dia menyebut bahwa keputusan itu telah disepakati antara pihaknya dengan pemerintah dan Israel akan mendapat perlakuan sama dengan negara peserta lainnya.

"Israel tetap kami akomodasi. Itu adalah keputusan terakhir kami di rapat dengan pemerintah pada tahun lalu menyangkut Israel," terangnya.

Senada dengan PSSI, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali juga menegaskan sudah ada jaminan bagi Israel untuk bisa tampil di Piala Dunia U-20 di Indonesia dan kepastian ini disampaikan sebelum mereka lolos.

"Sudah kami bahas sejak 2019. Semua negara yang lolos menjadi peserta Piala Dunia U-20 2023, dipersilakan untuk bermain," ujar Amali.

Dia pun mengingatkan kembali bahwa urusan sepak bola harus dilepaskan dari urusan politik

"Jadikan olahraga itu tidak ada urusan dengan politik. Karena itu FIFA sudah menyampaikan kepada kami, siapa pun negara yang lolos, harus bisa bertanding di Indonesia. Jadi, tidak ada masalah. Pasti pihak keamanan kita akan memberikan rasa aman. Ini hal yang perlu diperhatikan," pungkas Amali.

Artikel Tag: PSSI, Piala Dunia U-20, amali

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/pssi-pastikan-israel-tetap-tampil-di-piala-dunia-u-20-2023-di-indonesia
704  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini