Jadwal Kompetisi Berantakan Akibat Virus Corona, FIFA Siapkan Rencana Alternatif

Penulis: Demos Why
Rabu 25 Mar 2020, 19:24 WIB
Jadwal Kompetisi Berantakan Akibat Virus Corona, FIFA Siapkan Rencana Alternatif

Gianni Infantino (Foto: Lukas Schulze - UEFA/UEFA via Getty Images)

Berita Sepakbola: Presiden Federasi Sepakbola Dunia (FIFA), Gianni Infantino, mengakui bahwa pihaknya tengah mempertimbangkan rencana untuk mengubah format kompetisi di seluruh dunia terutama Eropa. Hal itu terpaksa dilakukan lantaran jadwal kompetisi sepakbola saat ini berantakan akibat pandemi virus corona.

Lima kompetisi elit di Eropa sendiri sejak awal Maret lalu telah resmi ditangguhkan dan hingga saat ini belum diketahui dengan pasti kapan liga di masing-masing negara akan kembali digelar. Contohnya saya Premier League yang menghentikan kompetisi hingga 30 April mendatang, namun jika penyebaran Covid-19 hingga pertengahan April tak kunjung bisa ditangani maka ada kemungkinan kompetisi akan kembali mengalami penundaan.

Di sisi lain UEFA juga memastikan pertandingan final Liga Champions dan Liga Europa akan diundur. Rencana kedua laga final tersebut akan digelar pada akhir Juni nanti. Namun sebagai akibat dari penyebaran virus corona yang masih sulit untuk dibendung, maka tanggal pasti penyelenggaraan dua laga final itu masih belum ditentukan. Selain itu UEFA juga telah memundurkan turnamen Euro 2020 hingga musim panas tahun 2021.

"Kondisi saat ini benar-benar sulit dan kami tidak tahu sampai kapan akan kembali normal. Akan tetapi kami masih melihat peluang. Kami juga memiliki rencana untuk melakukan reformasi sepakbola dunia meski harus mundur satu langkah, tentunya kami akan menggunakan format yang berbeda," ujar Infantino dilansir dari La Gazzetta dello Sport.

"Mungkin kami akan lebih sedikit mengadakan turnamen namun dengan format yang jauh lebih menarik. Kami akan melibatkan sedikit tim tapi lebih seimbang."

"Kami akan mencoba untuk mengurangi jumlah pertandingan guna melindungi kondisi kesehatan para pemain. Namun satu hal yang pasti, format baru kompetisi nanti haruslah lebih kompetitif," pungkasnya.

Artikel Tag: Gianni Infantino, FIFA, Virus Corona

479  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini