Copa America 2024 Akan Dihiasi Wasit Perempuan untuk Pertama Kalinya

Penulis: Depe Ptr
Sabtu 25 Mei 2024, 20:38 WIB
Copa America 2024 Akan Dihiasi Wasit Perempuan untuk Pertama Kalinya

´╗┐Edina Alves via gettyimages

Ligaolahraga.com -

Berita Sepak Bola: Copa America 2024 akan mencatat sejarah baru dengan kehadiran wasit perempuan untuk pertama kalinya dalam turnamen sepak bola putra kontinental.

Badan sepak bola Amerika Selatan (CONMEBOL) mengumumkan pada Jumat (24/05) bahwa delapan wanita akan menjadi bagian dari total 101 ofisial pertandingan yang bertugas selama turnamen.

Copa America 2024, yang akan berlangsung dari 20 Juni hingga 14 Juli di Amerika Serikat, menunjukkan langkah maju dalam inklusivitas dan keberagaman dalam dunia sepak bola.

Edina Alves dari Brasil dan Maria Victoria Penso dari Amerika Serikat akan menjadi wasit dalam turnamen tersebut. Mereka akan didukung oleh Tatiana Guzman dari Nikaragua, yang menjadi petugas VAR.

Neuza Back dari Brasil, Mary Blanco dari Kolombia, Migdalia Rodriguez dari Venezuela, dan Brooke Mayo serta Kathryn Nesbitt dari Amerika Serikat akan bertugas sebagai asisten wasit.

"Ini merupakan komitmen signifikan yang dilakukan CONMEBOL sejak 2016," kata CONMEBOL dalam pernyataannya.

"Bertujuan untuk pengembangan dan profesionalisasi lebih banyak perempuan di dalam dan luar lapangan, mempromosikan kesetaraan gender di berbagai turnamen."

Dengan ini, CONMEBOL berharap dapat memberikan kesempatan yang lebih besar bagi perempuan dalam peran penting di lapangan, sambil terus meningkatkan standar profesionalisme dan kualitas perwasitan di turnamen bergengsi ini.

Pada tahun 2021, Alves menjadi wasit perempuan pertama yang menjadi wasit turnamen putra di Piala Dunia Antarklub. Back dan Nesbitt memimpin pertandingan di Piala Dunia 2022 di Qatar.

Penso, Mayo, dan Nesbitt juga terpilih sebagai ofisial pertandingan pada turnamen sepak bola Olimpiade 2024 di Prancis.

Artikel Tag: Copa America 2024, Copa America, Edina Alves

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/copa-america-2024-akan-dihiasi-wasit-perempuan-untuk-pertama-kalinya
640  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini