WBC Bebaskan Conor Benn dari Tuduhan Doping Karena Kesalahan Tak Disengaja

Penulis: Hanif Rusli
Kamis 23 Feb 2023, 07:29 WIB
Conor Benn (Sumber Foto: RTE)

Conor Benn (Sumber Foto: RTE)

Ligaolahraga.com -

Conor Benn akan kembali masuk ke daftar peringkat kelas welter WBC setelah ditemukan bahwa "konsumsi telur dalam jumlah besar oleh Benn dapat menjadi penjelasan yang masuk akal" atas hasil positif pada tes doping clomiphene, sebuah obat yang digunakan untuk meningkatkan tingkat testosteron dan membakar lemak. Pernyataan ini diumumkan oleh organisasi tersebut pada hari Rabu (22/2/2023).

Benn (21-0, 14 KO) seharusnya bertanding melawan Chris Eubank Jr. pada Oktober lalu. Namun, pertarungan tersebut dibatalkan setelah British Boxing Board of Control (BBBoC) menolak memberikan izin pada pertarungan catchweigt 157 pon (71,2 kg) tersebut karena hasil tes doping positif Benn pada obat kesuburan tersebut.

Benn, 26 tahun, mempertahankan ketidakbersalahannya, dan larangan bertanding WBC sekarang telah dicabut. Namun, ia masih belum bisa bertanding di Inggris, di mana ia adalah seorang bintang, karena ia masih dilarang oleh BBBoC.

"BBBoC tidak terlibat dalam peninjauan yang dilakukan oleh WBC dan tidak diberikan bukti yang diserahkan atas nama Benn," kata Sekretaris BBBoC, Robert Smith, dalam sebuah pernyataan. " ... Untuk menjelaskan, meskipun BBBoC ingin menegaskan bahwa kami menghormati WBC, WBC adalah sanctioning body dan bukan governing body. BBBoC adalah governing body yang memberikan lisensi untuk Benn pada saat itu, dan sebagai aturan, setiap pelanggaran anti-doping didasarkan pada aturan dan regulasinya."

Benn selalu dapat memilih untuk bertanding di Amerika Serikat, di mana promotor Matchroom Boxing milik Eddie Hearn juga menggelar pertarungan. Hampir semua dari 21 pertandingan profesionalnya berlangsung di Inggris.

Pertarungan antara Benn dan Eubank dijadwalkan berlangsung 30 tahun setelah ayah mereka - legenda Inggris Nigel Benn dan Chris Eubank - bertarung dalam salah satu persaingan tinju yang paling dihormati.

Sebelum hasil positif ditemukan, Benn menempati peringkat ke-8 di kelas welter 147 pon menurut ESPN. Petinju yang mengandalkan pukulan keras ini menunjukkan kinerja mengesankan dengan kemenangan KO di ronde keempat atas mantan juara Chris Algieri tahun lalu, diikuti dengan kemenangan KO di ronde kedua atas Chris van Heerden pada bulan April.

Meskipun hasil positif tes doping mencoreng reputasi Benn dalam tinju, ia terus berusaha membersihkan namanya.

"Kami tidak pernah mengambil jalan pintas atau menipu dalam proses apapun," kata Benn dalam sebuah pernyataan yang dirilis di media sosial pada bulan Desember. " ... Sangat sulit bagi saya untuk menerima bahwa orang berpikir bahwa saya akan melakukan apa yang dituduhkan pada saya."

Victor Conte, pendiri Bay Area Laboratory Co-operative, mengatakan kepada ESPN bahwa ia ingin melihat lebih banyak bukti terkait kasus Conor Benn. Conte sebelumnya dipenjara setelah mengaku melakukan konspirasi pendistribusian obat doping peningkat performa sebelum mendirikan SNAC, perusahaan nutrisi olahraga.

"Dalam pandangan saya, keputusan WBC dalam kasus Conor Benn ini sangat tidak masuk akal," ujar Conte. "Mereka sepenuhnya mengabaikan aturan ketentuan ketat yang telah ada sejak awal anti-doping. Aturan ini pada dasarnya menyatakan bahwa seorang atlet bertanggung jawab atas apa yang ada dalam tubuhnya tanpa terkecuali. Clomiphene adalah zat terlarang sepanjang waktu oleh badan-badan Olimpiade di seluruh dunia.

"Dalam kasus kontaminasi clenbuterol dengan Canelo Alvarez, bukti pendukung telah disediakan seperti struk dari restoran dan laporan investigasi tindak lanjut dari rumah potong dan peternak sapi," tambah Conte. "Selain itu, mereka melakukan tes rambut tambahan dan menemukan tingkat yang konsisten dengan kontaminasi daging dan bukan niat untuk curang. Faktor pendukung ini membantu memitigasi durasi hukuman Canelo.

"Di mana struk dari telur yang dibeli dan dikonsumsi oleh Conor Benn? Apakah tes independen dari merek telur yang sama mengkonfirmasi bahwa merek ini sebenarnya menjual telur yang terkontaminasi?" ujar Conte.

Artikel Tag: conor benn, Chris Eubank Jr, Tinju, WBC

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tinju/wbc-bebaskan-conor-benn-dari-tuduhan-doping-karena-kesalahan-tak-disengaja
796  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini