Katie Taylor: Ronde Berdurasi Tiga Menit Tidak Cocok Untuk Tinju Wanita

Penulis: Hanif Rusli
Kamis 23 Nov 2023, 11:45 WIB
Katie Taylor (kiri) dan Chantelle Cameron setelah pertarungan pertama mereka enam bulan lalu. (Foto: Boxingnews24)

Katie Taylor (kiri) dan Chantelle Cameron setelah pertarungan pertama mereka enam bulan lalu. (Foto: Boxingnews24)

Ligaolahraga.com -

Berita tinju: Juara dunia kelas ringan sejati Katie Taylor (22-1, 6 KO) mengatakan dirinya tidak yakin tinju wanita dapat bertahan dalam ronde-ronde yang berdurasi tiga menit.

Superstar Irlandia berusia 37 tahun ini memberikan komentar tersebut saat ia mempersiapkan pertandingan ulang melawan juara dunia kelas welter junior sejati, Chantelle "Il Capo" Cameron (18-0, 8 KO), yang mengalahkannya melalui keputusan angka mayoritas pada Mei lalu. Durasi untuk satu ronde dalam tinju wanita saat ini adalah dua menit dengan pertarungan memperebutkan sabuk juara dipertandingkan selama 10 ronde. Sebaliknya, tinju pria memiliki standar ronde berdurasi tiga menit dan pertarungan memperebutkan sabuk juara berlangsung selama 12 ronde.

Juara dunia kelas bulu sejati Amanda Serrano memimpin tuntutan agar durasi dan jumlah ronde pertarungan wanita setara dengan pria. Petinju 35 tahun asal Puerto Rico itu berhasil mempertahankan gelar juara WBA, WBO, IBF dan Ring Magazine melawan Danila Ramos melalui kemenangan angka di Orlando, Florida pada Oktober lalu, dalam 12 ronde yang berdurasi tiga menit per rondenya. Dari empat badan tinju utama, hanya WBC yang menolak memberikan izin pada pertandingan tersebut.

Cameron, 32 tahun, dari Inggris, adalah pendukung sikap Serrano. Namun, Taylor mengakui keberatan dengan perubahan tersebut, dengan mengatakan bahwa ia ragu pertarungan yang lebih lama akan menghasilkan lebih banyak KO, salah satu nilai jual utama dari ronde-ronde berdurasi tiga menit.

"Saya tidak benar-benar memiliki preferensi apapun," kata Katie Taylor kepada Associated Press. "Ronde berdurasi dua menit adalah waktu yang sangat cepat. Mereka mengatakan bahwa ronde tiga menit akan menghasilkan lebih banyak KO, namun saya rasa itu tidak benar.

"Saya tidak tahu apakah tinju wanita memiliki kekuatan dan kedalaman untuk menjalani ronde berdurasi tiga menit. Bagi saya, saya benar-benar tidak peduli apakah itu ronde berdurasi dua atau tiga menit. Saya selalu bertarung selama tiga menit. Ada pro dan kontra dari keduanya."

Taylor dan Serrano memiliki sejarah. Keduanya pernah bertarung untuk memperebutkan gelar WBC, WBA, WBO dan IBF di Madison Square Garden, New York, pada Mei 2022. Itu pertama kalinya pertandingan tinju wanita menjadi tajuk utama di arena kebanggaan tersebut. Taylor menang dengan keputusan split decision.

Katie Taylor diharapkan untuk menghadapi Serrano dalam pertandingan ulang awal tahun ini sebelum petinju Puerto Rico itu terpaksa mundur karena cedera.

Juara dunia kelas bulu WBC, WBA, WBO, IBF dan Ring Magazine kelas 140 pound, Cameron, mengalahkan Katie Taylor yang berbadan lebih kecil dengan skor 96-94, 96-94 dan 95-95 di 3Arena, Dublin, Irlandia, enam bulan yang lalu.

Pertandingan ulang akan berlangsung di tempat yang sama pada Sabtu (24/11) malam.

"Secara mental dan fisik saya merasa jauh lebih baik menjelang pertandingan ini," kata Katie Taylor, yang mengalami kekalahan pertamanya sejak amatir saat tersingkir di perempat final Olimpiade Rio de Janeiro pada 2016. "Saya hanya mengalami malam yang sedikit datar, hanya penampilan yang datar. Saya jelas tidak menjadi diri saya sendiri pada malam itu, dan saya pikir semua orang yang menyaksikan laga itu bisa melihat itu."

Cameron melontarkan hampir dua kali lebih banyak pukulan daripada Taylor pada duel pertama.

Artikel Tag: Katie Taylor

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tinju/katie-taylor-ronde-berdurasi-tiga-menit-tidak-cocok-untuk-tinju-wanita
303  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini