Roger Federer Pilih Fokus Dengan Pertandingan Daripada Dengan Hal Ini

Penulis: Dian Megane
Senin 17 Mei 2021, 22:29 WIB
Roger Federer akan kembali berkompetisi di Geneva Open 2021

Roger Federer ketika tampil di Doha musim 2021

Berita Tenis: Roger Federer mengakui bahwa masih ada beberapa pertanyaan yang belum terjawab tentang performanya saat ini jelang kembali berkompetisi di Geneva Open musim 2021.

Sejauh ini pada musim 2021, petenis yang telah mengantongi 20 gelar Grand Slam baru melakoni satu turnamen, yakni Qatar Open di Doha dan ia melaju hingga ke semifinal.

Sejak saat itu, petenis berkebangsaan Swiss memilih berkonsentrasi untuk berlatih setelah ia masih meneruskan pemulihan dari cedera. Ia juga melewatkan sebagian besar dari musim 2020 akibat cedera lutut yang mengharuskannya menjalani dua operasi.

Pekan ini untuk kali pertama, petenis berusia 39 tahun akan turun di turnamen clay-court sejak kalah di semifinal French Open musim 2019. Geneva Open akan menjadi satu-satunya turnamen clay-court yang akan ia lakoni sebelum berpartisipasi di French Open.

“Saya senang bahwa lutut saya tidak merasakan perbedaan dari hard-court menjadi clay-court. Jadi, saya mengharapkan hal yang sama dari clay-court menjadi grass-court,” ungkap Federer.

“Sejak 1998, sejak kami mendapati musim grass-court dalam jadwal saya, saya tidak pernah benar-benar menghadapi kendala di antara kedua lapangan yang berbeda. Saya pikir para petenis terbiasa dengan transisi itu, tetapi tentu dengan cedera, selalu ada sedikit kekhawatiran, terutama ketika anda belum bermain selama saya.”

Dari 103 gelar yang telah petenis berkebangsaan Swiss menangkan, 11 di antaranya ia menangkan di turnamen caly-court, termasuk satu-satunya gelar French Open musim 2009. Terlepas dari transisi yang pendek antara clay-court dan grass-court musim ini, ia tetap optimis.

Setelah absen selama beberapa waktu, masih dipertanyakan seberapa besar petenis berkebangsaan Swiss bisa kembali menjadi ancaman di dunia tenis.

Untuk dua rival utamanya, petenis peringkat 8 dunia mengakui bahwa masih terlalu dini untuk mengatakan apakah ia bisa kembali menantang mereka. Ia tertinggal 16-26 melawan Rafael Nadal dan 23-27 melawan Novak Djokovic.

“Tentu masih ada tanda tanya besar di mana-mana. Tetapi Rafa dan Novak berada di satu sisi dan saya di sisi lain. Saya akan mengatakannya setelah 10 pertandingan, tetapi saat ini, saya tidak akan berkompetisi secara langsung melawan mereka,” tukas Federer.

“Sementara generasi Medvdev, Tsitsipas, Thiem, dan Zverev tidak hanya berkembang, tetapi kini juga lebih berpengalaman. Rafa dan Novak masih menunjukkan taji. Bagi saya, menemukan level kemampuan saya akan menjadi tantangan lebih.”

“Saya pikir ketika saya sehat dan berada di lapangan untuk waktu yang cukup lama, saya akan meningkatkan kepercayaan diri saya dan saya akan menjadi bagian dari para petenis elit lagi.”

Artikel Tag: Tenis, Geneva Open, French Open, Roger Federer

736  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini