Elina Svitolina Kantongi Gelar Kedua Musim 2020 Di Strasbourg Open

Penulis: Dian Megane
Sabtu 26 Sep 2020, 22:49 WIB
Elina Svitolina keluar sebagai juara Strasbourg Open 2020

Elina Svitolina berpose dengan gelar keduanya pada musim 2020 di Strasbourg Open

Berita Tenis: Elina Svitolina mengklaim gelar Strasbourg Open musim 2020 usai menumbangkan petenis unggulan kelima, Elena Rybakina dengan 6-4, 1-6, 6-2 setelah 1 jam 53 menit.

Dalam kondisi yang cukup dingin, konsistensi yang lebih baik mengantarkan petenis unggulan kedua memenangkan gelar turnamen WTA ke-15 dalam kariernya. Hal tersebut terlihat setelah ia melakukan 23 unforced error, lebih sedikit dibandingkan Rybakina yang melakukan 34 unforced error. Ia juga berhasil mengamankan delapan dari sepuluh break point yang ia hadapi.

Namun, titik balik di final Strasbourg Open musim ini ada di game pembuka set penentu ketika petenis berkebangsaan Ukraina mengamankan empat break point secara beruntun sebelum menyambar empat game terakhir dan hanya kehilangan tiga poin sebelum memenangkan pertandingan.

“Hal itu benar-benar memberi saya kepercayaan diri untuk bangkit kembali di pertandingan,” ungkap Svitolina yang menjadi juara di Monterrey tepat sebelum turnamen tenis ditangguhkan akibat pandemi COVID-19.

Setelah awal pertandingan sempat tertunda akibat turun hujan, empat game pertama dimenangkan oleh petenis yang melakukan servis, tetapi petenis berkebangsaan Kazakhstan, Rybakina harus berjuang keras untuk mengatasi pengembalian yang tidak berkarakter, termasuk melakukan pelanggaran ganda pada peluang break point lawan.

“Hal itu tidak mudah, tetapi itu sama bagi semua orang, anda hanya harus beradaptasi dengan cepat,” tambah Svitolina merujuk pada penundaan pertandingan.

“Penting untuk tampil habis-habisan dan memainkan permainan saya, serta tidak berpikir terlalu banyak.”

Namun memasuki set kedua, Rybakina berhasil membalikkan keadaan. Ia mengambil alih kontrol pertandingan dengan meningkatkan presentase keberhasilan servis pertamanya menjadi 70% dan hanya melakukan delapan unforced error sebelum memaksakan set penentu setelah hanya kehilangan satu game saja.

Petenis berkebangsaan Kazakhstan tampak akan mempertahankan momentum di set penentu setelah ia menyambar keunggulan 40/0 di game pertama, tetapi petenis unggulan kedua mengamankan sejumlah break point secara beruntun dalam perjalanan naik podium juara di Strasbourg Open.

“Saya sedikit tergesa-gesa di set ketiga. Saya kehilangan beberapa game dengan sangat cepat. Saya bisa servis dengan sedikit lebih baik dan mengambil keputusan yang lebih baik. Sungguh sulit untuk bertanding hari ini (26/09), karena kondisinya dingin,” tukas Svitolina.

Petenis berkebangsaan Ukraina merasa senang dengan cara ia bangkit setelah set kedua yang mengecewakan.

“Penting untuk kembali menyusun kekuatan dan kembali fokus ke pertandingan. Itu hal yang benar-benar positif bagi saya,” tambah Svitolina.

“Biasanya, turnamen digelar dalam kondisi yang benar-benar panas. Kami merasa senang bisa menyelesaikannya hari ini. Pada akhirnya, kami beruntung bisa bermain. Ini kondisi yang berbeda dengan kondisi yang kami harapkan. Tetapi saya mengatasinya.”

Artikel Tag: Tenis, Strasbourg Open, Elina svitolina, Elena Rybakina

977  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini