Bianca Andreescu Mundur, US Open Akan Digelar Tanpa Juara Bertahan Untuk Kali Pertama Sejak 2003

Penulis: Dian Megane
Jumat 14 Agu 2020, 09:46 WIB
Bianca Andreescu Mundur, US Open Akan Digelar Tanpa Juara Bertahan Untuk Kali Pertama Sejak 2003

Bianca Andreescu ketika memenangkan US Open 2019

Berita Tenis: US Open musim ini menghadapi kemunduran lain setelah juara bertahan nomor tunggal putri, Bianca Andreecu mengkonfirmasi pengunduran diri dari Grand Slam tersebut.

Petenis peringkat 6 dunia, Andreescu menyatakan bahwa tantangan yang tidak terduga telah membahayakan kemampuannya untuk kembali prima tepat waktu demi melakoni US Open pada akhir bulan ini, lebih spesifik, ia menyebutkan tentang pandemi COVID-19 yang menyebabkan turnamen tenis ditangguhkan kurang lebih selama 5 bulan sampai pekan lalu.

Andreescu belum melakoni pertandingan kompetitif lagi sejak turun di WTA Finals pada Oktober musim lalu dan melewatkan awal musim 2020 akibat cedera lutut.

“Setelah melakukan banyak diskusi dengan semua pihak terdekat saya, saya telah mengambil keputusan yang sulit dengan tidak akan kembali ke New York musim ini,” tulis Andreescu melalui Instagram.

“Saya mengambil langkah ini agar fokus dengan kebugaran saya dan memastikan bahwa saya akan kembali siap untuk bermain dengan level tertinggi saya.”

Petenis berkebangsaan Kanada, Andreescu merupakan petenis putri peringkat 10 besar keempat yang memutuskan mundur dari US Open. Petenis peringkat 1 dunia, Ashleigh Barty, Kiki Bertens, dan Elina Svitolina sebelumnya telah mengkonfrimasi bahwa mereka tidak akan bertanding di Grand Slam tersebut.

US Open musim ini akan digelar dalam kondisi istimewa setelah petenis akan ditempatkan dalam situasi yang dideskripsikan sebagai gelembung. Mereka akan dites COVID-19 secara teratur dan dibatasi untuk bepergian di New York. Para petenis yang melanggar aturan tersebut, bisa diberikan sanksi dengan dikeluarkan dari Grand Slam tersebut.

Di US Open musim lalu, Andreescu mencatatkan sejarah dengan menjadi petenis Kanada pertama yang memenangkan gelar Grand Slam nomor tunggal ketika usianya menginjak 19 tahun. Ia juga menjadi petenis pertama dalam sejarah yang memenangkan US Open pada debutnya di Grand Slam tersebut.

“Kemenangan US Open musim lalu telah menjadi hal menonjol dalam karier saya sejauh ini dan saya akan merasa rindu karena tidak bisa berada di sana,” ungkap Andreescu.

“Tetapi, saya menyadari bahwa tantangan yang tidak terduga, termasuk pandemi COVID-19, telah membahayakan kemampuan saya dalam mempersiapkan dan berkompetisi dengan level tertinggi saya.”

Setelah Andreescu mundur, Olga Govortsova akan memasuki undian utama US Open dan menggantikan tempa yang ditinggalkan Andreescu.

Di nomor tunggal putra, juara bertahan, Rafael Nadal juga mundur karena mengkhawatirkan kondisi terkait pandemi COVID-19. Untuk kali pertama sejak musim 2003, US Open musim ini akan digelar tanpa juara bertahan, baik di nomor tunggal putri mau pun putra. Pada musim 2003, juara bertahan, Pete Sampras mundur dari kompetisi dan Serena Williams absen karena cedera lutut.

Artikel Tag: Tenis, US Open, Bianca Andreescu

530  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini