Tak Ingin Jadi Pebalap Pelengkap, Espargaro Desak Aprilia Meningkat Musim Depan

Penulis: Abdi Ardiansyah
Rabu 10 Okt 2018, 23:35 WIB
Tak Ingin Jadi Pebalap Pelengkap, Espargaro Desak Aprilia Meningkat Musim Depan

Aleix Espargaro, Aprilia Racing

Berita MotoGP: Aleix Espargaro bertekat untuk tampil lebih kompetitif lagi, ia mengaku tak ingin jika kehadirannya di lintasan hanya sebagai pebalap pelengkap grid di musim depan.

Setelah mampu tampil apik usai finis keenam di Aragon, Espargaro menyelesaikan gelaran pertama MotoGP Thailand dengan finis di posisi ke-13, terpaut jauh 21 detik lebih lambat dari Marc Marquez.

Pebalap Spanyol itu mengaku sama sekali tidak puas dengan hasil yang didapat, meskipun raihannya di Buriram termasuk maksimal, mengingat karakter lintasan ini tidak sesuai dengan karakteristik RS-GP.

Salah satu masalah yang dikeluhkan Espargaro dan rekan satu timnya, Scott Redding adalah kurangnya tenaga motor ini, mengingat Buriram memiliki dua lintasan lurus pada sector pertama, selain itu masalah juga bertambah karena buruknya grip belakang.

“Tahun ini sangat membuat frustrasi, saya merupakan orang yang cukup positif, tapi saya dan Redding kerap mengeluhkan masalah serupa, dan kami tak kunjung membaik,” keluhnya.

“Kami tahu kami akan kesulitan [di Thailand], kami tertinggal jauh dalam masalah tenaga mesin, dan kami mengalami masalah grip sejauh ini. Kami telah mengubah geometri motor, mengubah distribusi beban motor, dan saya kehilangan grip belakang.”

Musim 2018 saat ini masih menyisakan empat seri lagi, dan Espargaro terdampar di peringkat ke-16 klasemen sementara dengan koleksi 32 poin. Raihan ini sama seperti sang adik, Pol, yang absen pada empat balapan sebelumnya karena mengalami cedera.

Tak ingin hanya menjadi pebalap pelengkap di MotoGP, pebalap asal Spanyol itu mendesak Aprilia agar tidak membuat kesalahan yang sama saat membangun motor untuk MotoGP 2019 mendatang.

 “Motor 2019 harus kompetitif, karena tahun ini telah menjadi bencana, saya terlalu kompetitif untuk sekadar mengisi grid semata.

 “Saya percaya kepada Romano Albesiano [bos Aprilia], dan saya ingin motor tahun depan akan bagus. Kami adalah pabrikan terkecil, dan kami harus berkembang.

“Disamping itu, musim depan kami akan mengandalkan [Andrea] Iannone, pebalap sangat cepat yang meraih podium tahun ini.” pungkas Espargaro.

Artikel Tag: MotoGP Thailand, Sirkuit Buriram, MotoGP 2018, MotoGP 2019, Aleix Espargaro, aprilia

6776