Marquez Harusnya Tak Absen Lama Jika Tak Ngotot Comeback Lebih Cepat

Penulis: Abdi Ardiansyah
Selasa 08 Sep 2020, 22:55 WIB
Marc Marquez, MotoGP Andalusia

Marc Marquez ketika memaksakan turun di seri MotoGP Andalusia

Berita MotoGP: Mantan pebalap sekaligus sang legenda MotoGP, Casey Stoner, menyebut bahwa Marc Marquez seharusnya tak absen panjang andai tak terlalu memaksakan diri untuk comeback di seri kedua MotoGP 2020.

Sebagaimana diketahui, Marquez memilih nekat hadir di Jerez untuk turun di MotoGP Andalusia. Padahal, ia baru saja menjalani operasi lengan kanannya yang patah. Ia pun turun di FP3 dan kualifikasi, namun ia langsung menyadari ada yang salah pada lengannya.

Lengan kanan Marquez nampak makin bengkak dan memar, dan akhirnya ia memilih absen dari pekan balap itu dan fokus kembali di MotoGP Ceko. Sayangnya, plat titanium pada lengannya patah saat ia membuka jendela di rumahnya. Akibatnya, ia harus menjalani operasi lagi dan harus absen dalam waktu yang lebih panjang.

Kondisi ini pun mendapat tanggapan dari Casey Stoner. Ia sangat memahami alasan kuat rider berusia 27 tahun itu untuk segera kembali balapan usai mengalami kecelakaan parah di MotoGP Spanyol. Namun langkah tersebut dinilai terlalu berisiko.

"Pebalap memang harus tahan cedera. Jika tidak, maka kami tak bisa jadi rider MotoGP. Kecelakaan akan selalu terjadi dan tak bisa dihindari. Rider memang harus menghadapinya, tapi saya rasa cedera yang parah seperti Marc, selalu mustahil untuk dilawan dalam waktu singkat," tutur Stoner dalam podcast 'In the Fast Lane'.

Akan tetapi, sang juara dunia 2007 dan 2012 ini menilai bahwa Marquez terlalu nekat. Andai saja mau bersabar sedikit, rider tim Repsol Honda ini pasti tak akan terlalu lama menjalani masa pemulihan.

"Saya rasa, jika kala itu ia rehat 1-2 pekan (usai kecelakaan), mungkin ia cukup kuat untuk balapan sampai akhir musim dan bertarung di depan. Toh dengan situasi kompetisi seperti ini mungkin ia tetap bakal menang. Jadi, saya rasa terlalu prematur untuk kembali balapan dengan cedera macam itu," ujar Stoner.

"Mungkin memang berat bagi Marc harus menonton balapan di rumah. Andai ia rehat 1-2 pekan, mungkin ia bisa tetap balapan dan bahkan ikut memperebutkan gelar," tukas mantan pebalap asal Australia tersebut.

 Terhitung saat ini The Baby Alien sama sekali tak mendapatkan poin selama kompetisi MotoGP 2020 menuntaskan 5 seri balap. Kansnya untuk mempertahankan gelar juara pun dinilai perlahan mulai sirna.

Artikel Tag: Marc Marquez, Casey Stoner, motogp 2020

1643  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini