Halangi Quartararo, Vinales Diganjar Penalti Mundur Tiga Grid

Penulis: Abdi Ardiansyah
Minggu 16 Jun 2019, 14:45 WIB
Halangi Quartararo, Vinales Diganjar Penalti Mundur Tiga Grid

Maverick Vinales

Berita MotoGP: Maverick Vinales sukses merebut posisi grid ketiga, namun ia harus menerima penalti turun tiga grid usai menghalangi laju Fabio Quartararo pada kualifikasi GP Catalunya.

Maverick Vinales menjalani sesi kualifikasi dengan performa yang menjanjikan hingga bisa mencatatkan waktu tercepat ketiga. Namun Vinales dianggap melakukan pelanggaran. Dalam tayangan ulang, ia tampak melambat ketika El Diablo sedang melaju kencang di Tikungan 9.

Meskipun sang pebalap asal Spanyol itu mengamankan urutan ketiga, tetapi usai kualifikasi ia dipanggil oleh Race Direction untuk menjelaskan insiden yang terjadi.

FIM MotoGP Stewards Panel akhirnya menjatuhkan penalti tiga grid. The Top Gun dinyatakan melanggar Pasal 1.21.2 Regulasi Kejuaraan Dunia FIM Grand Prix, bahwa “Pebalap harus berkendara dengan cara bertanggung jawab yang tidak menimbulkan bahaya bagi pesaing atau peserta lain, baik di lintasan maupun di pit lane”.

Sebelum hukuman diumumkan, Vinales mengaku tidak tahu harus berkata apa saat konferensi pers di Catalunya. Saat itu ia merasa sesi kualifkasi sudah selesai sehingga ia tak mengira bakal melakukan pelanggaran tersebut.

 “Saya kira bendera kotak-kotak sudah dikibaskan, jadi saya menyapa kepada orang-orang, melakukan wheelie dan segalanya. Saya tidak mengerti,” ujar Vinales dalam sesi konferensi pers.

“Lalu saya melihat Fabio dan terlambat. Saya tidak tahu. Saya tidak menduganya karena saya pikir kualifikasi sudah berakhir. Saya tidak memeriksa layar. Seperti inilah jadinya.”

“Jika saya melihat catatan waktu, dia tidak cepat. Dia tidak datang dalam lap terbaiknya. Yang pasti, saya membuat kesalahan itu benar. Saya kira kualifikasi sudah berakhir.”

“Namun banyak pebalap melakukan kesalahan di trek lain. Sehingga jika mereka menghukum saya, mereka juga harus menghukum pebalap lainnya. “

Sebelumnya Vinales juga pernah mengalami insiden serupa. Pada kualifikasi Aragon 2018, ia juga diganjar penalti tiga grid, kala ia menghalangi laju Bradley Smith.

Alhasil, Vinales harus puas start dari posisi keenam pada balapan nanti, semenatara posisi ketiga kini dihuni Franco Morbidelli.

Artikel Tag: Maverick Vinales, MotoGP 2019, Fabio Quartararo, motogp catalunya

968  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini