Pertimbangan Luis Milla Pasang Daisuke Sato Jadi Bek Tengah

Penulis: M. Aldi
Selasa 06 Sep 2022, 15:00 WIB
Bek Persib, Daisuke Sato

Daisuke Sato ketika berlatih (foto; Persib Official)

Ligaolahraga.com -

Berita Liga 1 Indonesia : Formasi baru diterapkan Luis Milla untuk Persib dengan memasang skema 3-4-3. Kejutan lain disuguhkan pelatih asal Spanyol dengan menurunkan Daisuke Sato sebagai bek tengah sebelah kiri.

Pemain asal Filipina tersebut sejatinya merupakan full back kiri. Tapi ada penilaian lain dari pelatih karena Sato dinilai bisa bermain sebagai stoper. Karakter dari sang pemain yang agresif yang jadi pertimbangan digeser lebih ke tengah.

"Iya, bagi saya Sato adalah pemain yang gigih dan juga agresif. Dan saya mengubah posisinya supaya lebih dekat dengan Nick dan Irianto supaya lebih konsisten di pusat pertahanan dan lebih dekat pula dengan penjaga gawang. Hasilnya kami bisa meraih target yang dibidik," ungkap Luis Milla ketika diwawancara.

Perubahan memang dilakukan sang pelatih dengan menerapkan formasi tiga bek di jantung pertahanan. Mereka dibantu Henhen Herdiana dan Zalnando yang bermain di area flank sebagai wing back untuk meredam serangan dari sayap.

Luis Milla memiliki alasan kenapa dia mengubah formasi Persib. Perhatiannya memang difokuskan pada jumlah gol yang bersarang di awal musim begitu banyak. Untuk itu, sistem pertahanan perlu diperbaiki dengan cara menambah jumlah bek tengah.

"Idenya adalah tim kemasukan terlalu banyak gol di awal musim dan kami memahami tim lebih butuh rasa aman pada sektor pertahanan. Mereka perlu menemukan rasa aman dan rasa percaya diri. Itu rencana dari taktik kami kemarin, untuk menambah kekuatan di jantung pertahanan," ujarnya.

Inovasi dalam taktik juga bukan hanya terjadi di barisan belakang. Lini depan juga sedikit demi sedikit dibenahi yaitu distribusi serangan lebih dialirkan melalui kedua sisi. Dia pun senang karena perubahan ini menghasilkan kemenangan bagi Persib.

"Untuk penyerangan, kami menyerang lewat kedua sisi dan itu adalah idenya. Tapi yang paling penting adalah bisa memetik kemenangan dan sedikit peluang lawan yang datang ke gawang tim kami," pungkasnya.

Artikel Tag: Daisuke Sato, Persib, Luis Milla

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/pertimbangan-luis-milla-pasang-daisuke-sato-jadi-bek-tengah
580  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini