Pandangan Robert Soal Wacana Liga 1 2021/2022 Dimulai 20 Agustus

Penulis: M. Aldi
Sabtu 31 Jul 2021, 08:15 WIB
Pelatih Persib, Robert Rene Alberts

Robert Rene Alberts (foto : Persib Official)

Ligaolahraga.com -

Berita Liga 1 Indonesia : Kick off Liga 1 2021/2022 yang tertunda, rencananya dijadwal ulang menjadi 20 Agustus mendatang. Pelatih Persib, Robert Rene Alberts memberi tanggapan terkait wacana yang dihembuskan oleh PT. Liga Indonesia Baru (LIB).

Menurutnya terlalu sempit waktu yang dimiliki oleh klub kontestan Liga 1 untuk melakukan persiapan. itu karena banyak tim yang rehat dan meniadakan latihan bersama di masa PPKM sejak 3 Juli dan selesai pada 2 Agustus nanti.

"Pemerintah mengatakan setelah empat pekan, PPKM akan berakhir dan mereka akan memulai liga pada 20 Agustus. Jadi apa artinya, tim hanya memiliki dua pekan bersiap menjalani laga resmi," kata Robert ketika diwawancara.

Pasukan Persib memang dirumahkan sejak tim kembali dari Solo usai batal bertanding di Piala Wali Kota. Pasalnya aturan PPKM menyebut tidak boleh ada sarana olahraga umum yang dibuka. Itu membuat awak Maung Bandung tidak bisa berlatih bersama.

"Sejak kembali dari Solo, kami belum berlatih bersama lagi, hanya sekali saja latihan di Lembang. Jadi kami belum berlatih bersama selama sekitar sebulan. Siapapun yang berkecimpung di olahraga profesional akan berpikir ini hal yang mustahil untuk dilakukan," kata Robert.

Jika upaya PT. Liga Indonesia Baru untuk menggelar liga pada 20 Agustus terealisasi, maka Persib hanya memiliki waktu persiapan kurang dari dua pekan. Menurut pelatih asal Belanda ini, idealnya melakoni persiapan menjelang kompetisi bisa mencapai enam pekan.

"Karena di musim yang normal saat anda melakoni 34 laga seperti yang terjadi banyak negara termasuk di Eropa, biasanya pemain akan mendapat libur enam pekan setelah mereka menjalani satu musim kompetisi," ujarnya.

"Sebelum berlatih bersama tim, pemain itu akan berlatih lebih dulu secara individual untuk mempersiapkan diri. Sementara klub memiliki waktu enam pekan mempersiapkan diri menghadapi musim baru," lanjutnya.

Memang sempat ada turnamen Piala Menpora dan tim juga sempat melakukan program latihan pada bulan Juni. Tapi mereka sudah dibubarkan selama satu bulan dan tentunya penggemblengan menjadi sia-sia. Pemain juga dikatakan Robert sulit benar-benar merawat kondisi karena mereka tidak punya sarana lapangan yang bisa dipakai.

"Di Indonesia, yang merupakan satu-satunya negara yang tidak memainkan sepakbola selama lebih dari 1,5 tahun, pemain tidak mempunyai kesempatan menjaga kebugarannya. Tetapi kemudian mereka diminta untuk bermain di tanggal 20 Agustus," kata pria 66 tahun ini.

"Ini bukan hal yang bijak memulai liga pada 20 Agustus karena tidak memberi kesempatan pada klub mempersiapkan diri menatap liga. Sebagai klub profesional, kami perlu sedikitnya empat pekan untuk memenuhi standar. Memang situasinya sedikit rumit tapi kami ingin kembali bermain sepakbola lagi," tandasnya.

Artikel Tag: robert rene alberts, Persib, Liga 1 2021/2022

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/pandangan-robert-soal-wacana-liga-1-20212022-dimulai-20-agustus
526  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini