Ini Kesalahan Besar MU Setelah Era Sir Alex Ferguson Berakhir

Penulis: Demos Why
Kamis 27 Jan 2022, 13:34 WIB
Mantan manajer Manchester United, Sir Alex Ferguson.

Sir Alex Ferguson. (Foto: Shirlaine Forrest)

Ligaolahraga.com -

Berita Sepakbola: Rene Meulensteen membongkar kesalahan besar yang dilakukan oleh Manchester United pasca ditinggal pensiun Sir Alex Ferguson pada tahun 2013 yang lalu. Apakah itu?

Sejak Sir Alex Ferguson memutuskan untuk pensiun pada tahun 2013 yang lalu, Manchester United hingga saat ini tidak mampu untuk bersaing di jalur juara Premier League. Bahkan hanya untuk bisa finis di peringkat empat besar saja mereka harus melakukannya dengan susah payah.

Man United sendiri dalam delapan musim terakhir sepeninggal Sir Alex pernah finis sebagai runner up di Liga Primer sebanyak dua kali. Namun mereka tak mampu melakukan perlawanan sengit kepada sang juara. Tercatat MU harus puas finis tertinggal 12 poin pada 2017/18 dan 19 poin di musim 2020/21, keduanya tertinggal dari Manchester City yang dinobatkan menjadi juara.

Jika ditotal, selama delapan musim terakhir MU sudah dilatih oleh lima manajer tetap, dua caretaker, dan satu manajer interim. Dari semua itu hanya Jose Mourinho yang terbilang sukses lantaran bisa mempersembahkan trofi Liga Europa, Piala Liga Inggris, dan Community Shield.

Menanggapi kesulitan Man United dalam perburuan gelar juara Liga Inggris, Rene Meulensteen menilai itu terjadi karena gagal menghadirkan sosok manajer dengan karisma besar lainnya. Dalam hal ini Meulensteen mencontohkan dua pelatih top saat ini yakni Pep Guardiola dan Jurgen Klop yang berhasil membuat Manchester City serta Liverpool mendominasi liga dalam beberapa tahun terakhir.

"United gagal mencuri kesempatan untuk mendapatkan salah satunya. Mereka punya aura kehadiran dan pengaruh yang sebesar itu di klub masing-masing," ujar Meulensteen seperti dikutip dari The Sun.

"Kalau pemain Liverpool ditanya 'Apakah kamu tahu apa yang kamu sedang kerjakan?', mereka semua akan menjawab 'Ya'. Tanya saja pemain-pemain City, tak peduli seberapa banyak Pep mengubah segala sesuatunya,'Kalian tahu apa yang kalian kerjakan?', mereka semua akan menjawab 'Ya'."

"Tanya para pemain United dan saya rasa Anda tak akan mendapatkan jawaban semantap itu. Tapi jangan salah, kalau dua klub itu tak mempersiapkan diri dengan baik untuk kepergian mereka, mereka akan berakhir di posisi yang sama (dengan MU)," pungkasnya.

Artikel Tag: Sir Alex Ferguson, Manchester United, Rene Meulensteen

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/ini-kesalahan-besar-mu-setelah-era-sir-alex-ferguson-berakhir
1829  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini