Atalanta Juara Liga Europa, Arsenal Dapat Undian Sulit di Liga Champions

Penulis: Fery Andriyansyah
Jumat 24 Mei 2024, 20:00 WIB
Arsenal memiliki tugas berat di Liga Champions musim depan

Arsenal memiliki tugas berat di Liga Champions musim depan. (Foto: IAN KINGTON/IKIMAGES/AFP via Getty Images)

Ligaolahraga.com -

Berita Sepak Bola: Runner-up Premier League, Arsenal, menghadapi kemungkinan undian Liga Champions yang sulit setelah Atalanta dinobatkan sebagai juara Liga Europa pada tengah pekan ini.

Tim asuhan Gian Piero Gasperini meraih kemenangan 3-0 atas Bayer Leverkusen di Aviva Stadium di Dublin, Kamis (23/5) dini hari WIB, untuk mengamankan trofi utama pertama mereka sejak 1963 dan tempat di Liga Champions musim depan. Mantan penyerang Leicester dan Everton, Ademola Lookman, mencetak hat-trick yang indah pada malam itu.

Italia dan Jerman sudah dijamin mendapatkan tempat kelima di Liga Champions karena peringkat koefisien mereka yang unggul. Hal ini membuat Tottenham, yang finis di luar empat besar di Premier League, akan bermain di Liga Europa. Namun, kemenangan Atalanta diperkirakan akan memberi Italia enam tempat di Liga Champions jika mereka tetap berada di posisi kelima di tabel Serie A. Roma, yang dijamin finis di posisi keenam, akan lolos ke ajang tertinggal antarklub Eropa untuk mengambil jatah kelima.

Jika Atalanta melompati Bologna atau Juventus pada hari terakhir musim ini ke posisi ketiga atau keempat, Roma akan berpartisipasi di Liga Europa. Jika Roma mendapatkan tempat di Liga Champions, mereka akan masuk ke dalam blok unggulan teratas karena mereka memiliki skor koefisien lima tahun yang lebih tinggi daripada Barcelona. Arsenal diperkirakan akan bersaing di blok unggulan kedua bersama dengan tim-tim seperti Juventus, Bayer Leverkusen, dan Atletico Madrid.

Mulai musim 2024-25, Liga Champions akan diperluas dari 32 menjadi 36 tim. Di bawah aturan kompetisi gaya liga yang baru, setiap tim akan bermain melawan dua klub dari empat pot unggulan. Klub-klub tidak dapat bermain melawan tim dari negara yang sama, yang berarti Arsenal, Manchester City, Liverpool, dan Aston Villa tidak akan saling berhadapan.

Pot unggulan sekarang ditentukan langsung oleh koefisien, dibandingkan dengan sistem sebelumnya yang melihat pemenang Liga Europa dan juara dari enam divisi teratas sepak bola Eropa di tier pertama. Hal ini berarti Arsenal dan Aston Villa menghadapi undian yang sulit. Dalam skenario terburuk, The Gunners mungkin harus menghadapi Bayern Munich dan Paris Saint-Germain dari Pot 1 serta Barcelona dan Juventus dari Pot 2 jika mereka turun ke unggulan ketiga. Setiap tim akan memainkan delapan pertandingan di fase grup, yang tidak akan selesai hingga Januari.

Delapan tim teratas dalam klasemen liga 'final' akan lolos ke babak 16 besar, dengan tim yang berada di peringkat sembilan hingga 24 akan bertarung untuk memperebutkan hak untuk bergabung dengan mereka dalam undian unggulan. Artinya, delapan tim yang kalah akan tereliminasi, bersama dengan tim-tim yang ditempatkan di peringkat 25 hingga 36, untuk keluar dari kompetisi.

Potensi lawan Arsenal di fase grup Liga Champions: Bayern Munich, Paris Saint-Germain, Barcelona, Juventus, ARSENAL, PSV, Fenerbahce, Sturm Graz

Artikel Tag: Arsenal, Atalanta, liga champions

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/atalanta-juara-liga-europa-arsenal-dapat-undian-sulit-di-liga-champions
1052  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini