Xavier Alexander Diskors Setelah Lakukan Disqualifyng Foul

Penulis: Senja Hanan
Jumat 19 Apr 2024, 23:13 WIB
Xavier Alexander Diskors Setelah Lakukan Disqualifyng Foul

Xavier Alexander Diskors Setelah Lakukan Disqualifyng Foul

Ligaolahraga.com -

Berita Basket IBL: Tangerang Hawks Basketball terpaksa kehilangan salah satu pemain asingnya yaitu Xavier Alexander. Sang bintang diskors untuk tiga pertandingan berikutnya lantaran melakukan disqualifyng foul ketika melawan Bima Perkasa Jogja.

Dalam laga di GOR Pancasila UGM Yogyakarta, Rabu (17/4), saat kuarter kedua tersisa 4 menit 22 detik, Xavier melakukan penetrasi ke arah ring dan dijaga ketat oleh pemain Bima Perkasa, Ali Mustofa.

Ali melakukan foul terhadap Xavier, pada saat bersamaan Ali mengaitkan tangannya dan dibalas oleh Xavier dengan mengaitkan tangannya ke tangan Ali. Setelah itu Xavier melepaskan tahanan tangan Ali dengan cara mendorong menjatuhkan badan lawan dengan sangat keras hingga Ali terjatuh.

Tak sampai di situ, Xavier juga mencoba melempar bola ke arah kepala Ali, beruntung tidak mengenai pemain Bima Perkasa tersebut. Karena tindakan ini, wasit langsung memberikan sanksi unsportmanslike-foul dan mengambil kebijakan Instant Replay System (IRS) untuk memastikan kejadian tersebut. Setelah melakukan review pada IRS, wasit memutuskan disqualifying-foul karena termasuk flagrant unsportmanlike action.

Xavier Alexander diberi sanksi larangan bertanding tiga kali serta denda Rp20 juta berdasarkan Peraturan Pelaksanaan IBL Bab V Pasal 3 Ayat 1 Poin 1.6. Ketentuan tersebut menjatuhkan diskualifikasi karena melakukan foul yang sangat keras pada saat pertandingan seperti melakukan pemukulan atau tendangan atau mencekik, menjatuhkan badan lawan (membanting), dan hal-hal lain yang dilakukan di luar batas kewajaran akan dikenakan sanksi larangan bermain sebanyak tiga kali dan denda sebesar Rp20 juta.

Artikel Tag: Tangerang Hawks Basketball, Xavier Alexander

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/basket/xavier-alexander-diskors-setelah-lakukan-disqualifyng-foul
199  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini