Zhilei Zhang Fokus Revans Lawan Joseph Parker, Ingin Pertarungan di China

Penulis: Hanif Rusli
Selasa 09 Apr 2024, 20:13 WIB
Zhilei Zhang (kiri) bertarung melawan Joseph Parker di Riyadh bulan lalu. (Foto: Ring TV)

Zhilei Zhang (kiri) bertarung melawan Joseph Parker di Riyadh bulan lalu. (Foto: Ring TV)

Ligaolahraga.com -

Petinju kelas berat asal China Zhilei Zhang mengakui bahwa karena terlalu percaya diri, dia harus rela kalah dalam keputusan angka mayoritas melawan Joseph Parker di Riyadh, Arab Saudi bulan lalu.

Petinju kidal berusia 40 tahun itu memang memiliki momen-momen sukses dalam pertarungan tersebut, terutama di ronde ketiga dan kedelapan ketika dia menjatuhkan mantan juara dunia WBO asal Selandia Baru itu ke atas kanvas, tetapi kemudian melemah di akhir pertarungan sehingga kalah dengan skor 111-115, 112-114, dan 113-113.

Ini menjadi pukulan pahit bagi Zhilei Zhang, yang sedang dalam kondisi prima menjelang pertarungan tersebut setelah kemenangan KO berturut-turutnya atas sesama kontender Joe Joyce tahun lalu.

“Mungkin saya tidak memiliki mentalitas yang sama seperti saat saya melawan Joe Joyce karena ketika saya melawan Joyce, saya memberi tahu diri saya sendiri bahwa saya akan merebut sabuk dari dia, dan kemudian dalam pertarungan kedua, itu saya yang menjaga sabuk itu. Keinginan untuk mengalahkannya sangat kuat,” kata Zhang kepada CGTN.

“Setelah mengalahkan Joyce, saya menjadi terlalu percaya diri, yang membuat saya agak terlalu rileks saat melawan Joseph Parker. Sebenarnya, di paruh pertama pertarungan, saya benar-benar mendominasi. Pada akhirnya, dia mengubah taktiknya. Dia mencoba mengontrol jarak, sehingga saya tidak bisa mengenainya. Saya mulai merasa cemas.

“Setelah pertandingan, saya memikirkannya. Saya sudah banyak berlatih untuk itu – termasuk apa yang harus dilakukan ketika dia memegang saya – tetapi entah bagaimana saya tidak dapat mengatasinya di paruh kedua pertandingan. Saya gagal menerapkan beberapa strategi.”

Sekarang Zhilei Zhang sedang merencanakan balas dendamnya terhadap Parker, bersumpah hasil yang berbeda jika dan ketika mereka bertemu lagi.

“Kami telah menandatangani klausul pertarungan ulang sebelum pertarungan,” katanya. “Sebagai juara sementara kelas berat dunia versi World Boxing Organisation, saya berhak mendapatkan pertarungan ulang jika saya kalah. Jika saya menang, kita tidak akan memiliki pertarungan ulang. Pertarungan kedua akan terjadi di akhir tahun ini.

“Kami sedang bekerja keras saat ini untuk membawa pertarungan ke China. Ada beberapa kesulitan dalam mewujudkannya, tetapi kami sedang bekerja keras.

“Saya pikir jika pertandingan tinju kelas atas diadakan di China, itu akan menjadi sumber inspirasi bagi petinju China dan penggemar tinju China.”

Zhilei Zhang melihat potensi pertumbuhan olahraga tinju di tanah airnya dan ini adalah sesuatu yang ingin dia ambil bagian di dalamnya.

“China telah berkembang pesat dalam beberapa dekade terakhir dan begitu pula olahraga China,” katanya. “Sejak Olimpiade Beijing pada tahun 2008 ketika atlet-atlet China pertama kali memenangkan sebagian besar medali emas, seluruh industri olahraga China telah mengalami lonjakan besar ke depan.

“Bagi saya, saya ingin membiarkan dunia tahu tentang China melalui tinju dan kemudian membiarkan China lebih banyak tahu tentang dunia.”

Artikel Tag: Zhilei Zhang

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tinju/zhilei-zhang-fokus-revans-lawan-joseph-parker-ingin-pertarungan-di-china
334  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini