Zhilei Zhang Akhiri Perlawanan Deontay Wilder Dengan TKO Brutal Di Ronde 5

Penulis: Hanif Rusli
Minggu 02 Jun 2024, 12:50 WIB
Zhilei Zhang (kiri) berhasil menumbangkan mantan juara dunia Deontay Wilder di ronde kelima. (Foto: Matchroom Boxing)

Zhilei Zhang (kiri) berhasil menumbangkan mantan juara dunia Deontay Wilder di ronde kelima. (Foto: Matchroom Boxing)

Ligaolahraga.com -

Zhilei Zhang mencetak kemenangan terbesar dalam kariernya pada hari Sabtu (1/6) di Kingdom Arena, Riyadh, Arab Saudi, dan mungkin secara efektif mengakhiri perlawanan mantan juara dunia kelas berat Deontay Wilder.

Zhilei Zhang, 41 tahun, mendaratkan sebuah hook kanan yang tepat pada waktu yang membuat Wilder limbung. Dengan Wilder yang tak berdaya, Zhang (27-2-1, 21 KO) masuk dan menghantamnya dengan pukulan kanan lain yang membuat petinju Amerika itu terjatuh ke atas kanvas.

Deontay Wilder, 38 tahun, entah bagaimana mampu berdiri sebelum hitungan ke-10, namun kakinya goyah dan wasit dengan bijaksana menghentikan pertarungan pada menit 1:51 ronde ke-5.

“Saya menangkis beberapa pukulan, tapi ya, dia memukul dengan keras,” kata Zhang, yang berbicara melalui seorang penerjemah, tentang Deontay Wilder (43-4-1, 42 KO), yang dianggap sebagai salah satu pemukul paling kuat dalam sejarah kelas berat.

“Saya sangat menghormatinya,” tambah Zhang. “Ia adalah seorang pemukul yang kuat... Saya berhasil mematahkan pukulan kanannya.”

Deontay Wilder telah kalah dalam empat dari lima pertarungan terakhirnya, termasuk kekalahan angka dari Joseph Parker pada bulan Desember, serta sepasang kekalahan dari Tyson Fury dalam trilogi duel perebutan gelar juara dunia kelas berat.

Wilder mengatakan sebelum pertarungan bahwa jika ia kalah, “ini bisa menjadi perpisahan terakhir, perpisahan Deontay Wilder.”

Zhilei Zhang, juga, terguncang dari kekalahan angka atas Parker, mantan pemegang gelar kelas berat. Zhang memukul jatuh Parker dua kali pada bulan Maret namun masih kalah angka.

Kini, ia kembali ke jalan yang disebutnya sebagai “jalan menuju juara.” Saat ini yang menjadi lawannya adalah Oleksandr Usyk, yang mengalahkan Fury bulan lalu di Riyadh untuk merebut gelar juara sejati.

Zhilei Zhang ditutup sebagai unggulan -150 melawan Deontay Wilder, menurut ESPN BET. Ia adalah petinju kelas berat No. 6 di ESPN, dan Wilder memasuki ring di peringkat 7. Zhang memenangkan medali perak sebagai kelas berat super di Olimpiade 2008 di Beijing, sementara Wilder meraih perunggu di divisi kelas berat.

Mereka juga terlihat berada di kelas yang berbeda pada hari Sabtu, karena Zhang lebih berat dari Wilder dengan 68,2 pound - dengan berat 282,8 dibandingkan dengan 214,6 pound milik Wilder. Tidak ada batasan berat badan dalam divisi kelas berat tinju.

Zhilei Zhang menggunakan keunggulan ukuran tersebut untuk menggertak Wilder dan menjepitnya di tali ring. Sebagai petinju bergaya kidal, Zhang mampu menyambungkan pukulan hook kanan yang berkali-kali masuk saat Wilder mengayunkan tangan kanannya ke belakang, namun jarang sekali melepaskannya.

Pada ronde kelima, Zhang akhirnya mulai mengeluarkan senjata terbaiknya. Wilder baru saja mencetak poin dengan pukulan kanannya ketika ia melontarkan pukulan kanan yang dibalas oleh Zhang untuk meraih kemenangan.

Kemenangan ini menghasilkan kemenangan bersih bagi Queensberry Promotions milik Frank Warren, yang bertanding melawan promotor asal Inggris, Eddie Hearn's Matchroom Boxing, dalam satu konsep unik 5 vs 5 yang diciptakan oleh Turki Alalshikh, ketua Otoritas Hiburan Umum Arab Saudi.

Setelah kemenangan TKO Zhang, Alalshikh menghadiahkan sebuah cek senilai $3 juta kepada Warren.

Artikel Tag: Zhilei Zhang, Deontay Wilder

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tinju/zhilei-zhang-akhiri-perlawanan-deontay-wilder-dengan-tko-brutal-di-ronde-5
345  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini