Petinju China Wu Yu Raih Emas Tinju Pertama di Asian Games Hangzhou

Penulis: Hanif Rusli
Rabu 04 Okt 2023, 11:23 WIB
Petinju China Wu Yu melakukan selebrasi setelah memenangi duel melawan Chuthamat Raksat dari Thailand pada final kelas 50kg putri di Asian Games Hangzhou. (Foto: Xinhua)

Petinju China Wu Yu melakukan selebrasi setelah memenangi duel melawan Chuthamat Raksat dari Thailand pada final kelas 50kg putri di Asian Games Hangzhou. (Foto: Xinhua)

Ligaolahraga.com -

Wu Yu dari China mengalahkan Chuthamat Raksat dari Thailand di final kelas 50kg putri dengan keputusan mutlak untuk meraih emas tinju pertama di Asian Games Hangzhou, Selasa (3/10), sementara Davlat Boltaev dari Tajikistan memenangkan gelar juara kelas 92kg putra.

Wu melaju ke final dengan kemenangan angka mutlak dalam ketiga pertandingannya, sementara Raksat melaju ke final dengan kemenangan angka "split decision" di semifinal. Keduanya memulai laga dengan hati-hati sebelum mulai bertukar pukulan. Wu kemudian mengungguli lawannya dalam tiga ronde untuk merebut sabuk emas.

"Saya merasa sangat terhormat bisa bertanding di Hangzhou," kata Wu, yang dinobatkan sebagai juara dunia di New Delhi, India pada Maret lalu. "Saya mempelajari berbagai hal baru dari tiap laga."

"Ibu saya menjadi pendukung utama saya sejak saya menjadi petinju. Saya sudah lama tidak bertemu dengannya. Sekarang saya hanya ingin menghabiskan waktu berkualitas dengannya."

Setelah mengamankan tempat di Olimpiade Paris 2024 dengan mencapai empat besar di Hangzhou, Wu mengakui bahwa lawan-lawannya akan jauh lebih kuat, dengan menambahkan, "Saya akan tetap menjejakkan kaki saya di tanah dalam latihan sehari-hari dan bekerja lebih keras."

Meskipun sempat dijatuhkan oleh wakil China Han Xuezhen pada ronde ketiga di babak final, Boltaev berhasil menghindari hitungan dan akhirnya meraih gelar melalui kemenangan angka "split decision".

"Saya seharusnya bisa tampil lebih baik di final," kata Han yang emosional, yang juga telah mengamankan tempat di Olimpiade Paris. "Tapi Asian Games baru permulaan. Sampai jumpa di Paris."

Enam petinju China lainnya bertanding pada hari Selasa (3/10), dengan Chang Yuan, Li Qian dan Yang Wenlu melaju ke final di kategori masing-masing.

Lyu Ping lolos ke semifinal kelas 57kg putra dengan menang angka "split decision" 4-1, sementara Zhang Jiamao tersingkir dari kelas 51kg putra setelah kalah di babak perempat final. Bayikewuzi Danabieke disingkirkan oleh juara Olimpiade Bakhodir Jalolov dari Uzbekistan di semifinal kelas +92kg putra, dan harus puas dengan medali perunggu.

Kompetisi tinju di Asian Games Hangzhou menawarkan total 34 kuota Paris 2024, dengan 14 kuota untuk putra dan 20 kuota untuk putri.

Artikel Tag: Asian Games

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tinju/petinju-china-wu-yu-raih-emas-tinju-pertama-di-asian-games-hangzhou
597  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini