Karateka Gu Shiau-shuang Rebut Emas Terakhir Asian Games Hangzhou

Penulis: Hanif Rusli
Minggu 08 Okt 2023, 16:12 WIB
Karateka China Taipei Gu Shiau-shuang berpose dengan medali emasnya saat upacara pengalungan medali untuk kumite 50kg putri di Asian Games Hangzhou. (Foto: Xinhua)

Karateka China Taipei Gu Shiau-shuang berpose dengan medali emasnya saat upacara pengalungan medali untuk kumite 50kg putri di Asian Games Hangzhou. (Foto: Xinhua)

Ligaolahraga.com -

Karateka Gu Shiau-shuang dari China Taipei mengalahkan Moldir Zhangbyrbay dari Kazakhstan untuk merebut emas kumite 50kg putri pada Minggu (8/10/2023), yang menjadi emas terakhir yang diperebutkan di Asian Games Hangzhou setelah digelar lebih dari dua pekan.

Setelah dengan nyaman menghancurkan Chanyanut Chippensuk dari Thailand dengan skor 11-3 di babak perempat final dan Shakhrizoda Ismatillaeva dari Uzbekistan dengan skor 8-2 di semifinal, Gu disambut dengan serangan sengit, tertinggal 5-0 di pertengahan final, namun ia dengan agresif melawan hingga skor 5-5 pada akhirnya dan memenangkan pertandingan dengan "Hantei".

"Tertinggal 0-5 di awal pertandingan adalah kesalahan saya, karena saya mengambil cara bertahan untuk mengatasi situasi tersebut," ujar Gu setelah pertandingan. "Namun pelatih saya terus mengatakan bahwa saya masih punya waktu dan saya harus melawan dengan cara yang lebih cerdas dan sabar. Saya mengikuti sarannya dan akhirnya berhasil."

Sara Bahmanyar dari Iran dan Alajmi Hawraa dari Uni Emirat Arab meraih perunggu.

Dengan emas ini, Gu mempertahankan gelar kumite 50 kg putri yang ia raih di Jakarta pada 2018. Ini juga memberikan China Taipei total 19 medali emas untuk Asian Games, menyamai raihan emas terbaik mereka pada Asian Games Bangkok 1998.

Sebelumnya, di kompetisi karate kata beregu putra, Jepang menyabet emas setelah kakak beradik Jepang Ryuji Moto dan Kazumasa Moto, bersama Koji Arimoto, mengalahkan Makau dalam perebutan medali emas.

"Saya merasa senang bisa tampil bersama tim ini. Sejak kami memulai tim ini, kami selalu melakukan kata yang sama untuk final. Kami telah mengasahnya hingga sempurna," kata Kazumasa Moto, yang juga meraih emas di nomor kata perorangan pada Kamis lalu.

Irak dan Kuwait berbagi medali perunggu.

Secara keseluruhan, dari perolehan medali dari 24 September sampai 8 Oktober 2023, China finis dengan total 201 emas, hasil terbaiknya.

China, yang melampaui 199 medali emas yang mereka raih di Asian Games Guangzhou pada 2010, juga meraih 111 perak dan 71 perunggu untuk total 383 medali. Tuan rumah berhasil mengungguli Jepang dengan 52 medali emas dan Korea Selatan dengan 42 medali di klasemen akhir.

Medali emas pertama Asian Games ini dimenangkan oleh China di cabang olahraga dayung pada hari Minggu pagi yang gerimis dua pekan yang lalu. Medali ke-201 mereka raih di kolam renang pada nomor renang artistik terakhir, yaitu gaya bebas beregu.

Artikel Tag: Asian Games

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/olahraga-lain/karateka-gu-shiau-shuang-rebut-emas-terakhir-asian-games-hangzhou
380  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini