Final Batal, Juara Dunia Panjat Tebing Ai Mori Dianugerahi Emas Asian Games

Penulis: Hanif Rusli
Minggu 08 Okt 2023, 14:50 WIB
Seo Chae-hyun, Ai Mori dan Zhang Yuetong berpose setelah upacara pengalungan medali untuk boulder dan lead putri Asian Games Hangzhou. (Foto: Xinhua)

Seo Chae-hyun, Ai Mori dan Zhang Yuetong berpose setelah upacara pengalungan medali untuk boulder dan lead putri Asian Games Hangzhou. (Foto: Xinhua)

Ligaolahraga.com -

Juara dunia Ai Mori dari Jepang dianugerahi medali emas Asian Games pertamanya sesuai dengan hasil semifinal setelah final boulder dan lead putri dibatalkan akibat hujan deras di Shaoxing Keqiao Yangshan Sport Climbing Center pada Sabtu (7/10/2023).

Final yang dijadwalkan berlangsung pada pukul 18.28 pada hari Sabtu, ditunda terlebih dahulu. Dengan hujan yang tidak menunjukkan tanda-tanda akan berhenti, pemberitahuan pun dikeluarkan untuk membatalkan final.

"Setelah memeriksa kondisi dinding, kepala pengatur rute membuat keputusan bersama dengan delegasi teknis dan ketua juri," kata Li Guowei, wakil manajer umum kompetisi.

"Sayang sekali kami tidak bisa melakukan final malam ini, tapi demi keselamatan para pemanjat, keputusan ini harus diambil," tambah Li.

Menurut peraturan yang dikeluarkan oleh Federasi Panjat Tebing Internasional, medali akan diberikan berdasarkan peringkat di semifinal. Mori, yang seri dengan Seo Chae-hyun di semifinal dengan 199,73 poin yang sama, menang melalui perhitungan ulang berkat peringkat kualifikasinya.

"Saya mendapatkan medali di Asian Games pertama saya, tetapi saya masih ingin menunjukkan penampilan yang lebih baik di final. Saya sangat ingin memenangkan medali emas, tapi itu adalah bagian dari perlombaan," kata Seo setelah upacara pengalungan medali. "Bahkan jika saya tidak bisa meraih emas di final, saya masih ingin mencoba rute-rute ini. Sayang sekali," tambahnya.

Peraih medali perunggu Zhang Yuetong dari China, yang melakukan debut Asian Games-nya, mengungkapkan perasaan yang sama.

"Saya puas dengan semifinal saya karena saya sudah melakukan yang terbaik untuk memanjat, tetapi ketika saya melihat rute untuk final di dinding, saya merasa ingin mencobanya," kata Zhang.

Di sisi lain, Mori mengatakan bahwa ia telah memiliki pengalaman memanjat yang baik selama babak kualifikasi dan semifinal.

"Saya memiliki pengalaman dan penampilan yang luar biasa di dua babak pertama dan sekarang saya tahu apa yang diharapkan saat berpartisipasi di Olimpiade Paris 2024," ujar pemanjat berusia 20 tahun ini. "Dukungan dan sorak-sorai yang saya dapatkan saat memanjat juga luar biasa dan saya tidak sabar untuk kembali ke sini lagi untuk memanjat,"

Baik Zhang dan Seo juga mengindikasikan bahwa mereka akan melatih panjat tebing mereka menjelang sesi kualifikasi Paris 2024.

Artikel Tag: Asian Games

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/olahraga-lain/final-batal-juara-dunia-panjat-tebing-ai-mori-dianugerahi-emas-asian-games
493  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini