Biaya Membengkak, Aichi-Nagoya 2026 Akan Revisi Anggaran untuk Asian Games

Penulis: Hanif Rusli
Selasa 10 Okt 2023, 22:14 WIB
Para pejabat dari Aichi dan Nagoya mengibarkan bendera OCA saat mereka bersiap untuk menyelenggarakan Asian Games tiga tahun lagi. (Foto: Inside The Games)

Para pejabat dari Aichi dan Nagoya mengibarkan bendera OCA saat mereka bersiap untuk menyelenggarakan Asian Games tiga tahun lagi. (Foto: Inside The Games)

Ligaolahraga.com -

Anggaran sebesar 1 miliar dolar AS yang ditetapkan untuk Asian Games 2026 di Aichi-Nagoya diperkirakan akan direvisi karena biaya yang terus membengkak, demikian terungkap.

Bendera resmi Olympic Council of Asia (OCA) telah diserahkan kepada Aichi-Nagoya 2026 pada Upacara Penutupan Hangzhou pada Minggu (8/10). Serah terima seremonial ini menandai tonggak sejarah besar bagi para pejabat Jepang saat mereka mempersiapkan diri untuk menjadi tuan rumah acara multi-olahraga benua.

Penyelenggara Hangzhou 2022 menerima sambutan hangat setelah menggelar Asian Games terbesar dalam sejarah dengan lebih dari 12.500 atlet dari 45 negara yang berkompetisi di 40 cabang olahraga.

Pelaksana tugas direktur jenderal Aichi-Nagoya 2026, Yasuhiro Nakamori, mengatakan bahwa Asian Games tiga tahun mendatang akan diselenggarakan dengan "cara yang efisien dan masuk akal" dengan menggunakan sebagian besar tempat yang sudah ada, termasuk di Tokyo untuk cabang olahraga (cabor) akuatik dan berkuda serta Shizuoka untuk cabor bersepeda.

Nagoya City Mizuho Park Athletic Stadium, yang akan menjadi tuan rumah kompetisi atletik, dan Aichi International Arena, yang akan menyelenggarakan turnamen judo, adalah satu-satunya tempat yang sedang dalam proses pembangunan.

Aichi-Nagoya 2026 membatalkan rencana membangun Kampung Atlet yang diperkirakan akan menelan biaya sebesar 30 miliar Yen atau setara 224 juta dolar AS setelah proyeksi biaya konstruksi meningkat dua kali lipat.

Nakamori mengakui bahwa kenaikan harga terus berlanjut sehingga mereka harus menilai kembali rencana mereka. "Anggarannya adalah $1 miliar, namun sekarang kami sedang mempertimbangkannya kembali," kata Nakamori kepada insidethegames. Rencana itu dibuat tiga tahun lalu dan setiap harga naik seperti biaya konstruksi. Yang lainnya adalah makanan dan bahan yang sangat mahal. Kami harus terorganisir dan mempertimbangkan anggaran baru.

Nakamori bersikeras bahwa Achi-Nagoya 2026 tidak akan mencoba menyamai Hangzhou 2022, tetapi akan meminta dukungan dari para pejabat China dan penyelenggara Tokyo 2020 untuk persiapan Olimpiade. "Kami tidak bisa berpura-pura seperti ini," kata Nakamori. "Dengan menggunakan fasilitas yang ada dan mentransfer banyak pengetahuan, kami ingin mengatur Asian Games dengan cara yang efisien dan masuk akal. Level NOC [Komite Olimpiade Nasional] dan layanan atlet harus menjadi yang terbaik."

Sebanyak 41 cabor telah ditetapkan dalam program untuk Aichi-Nagoya 2026 termasuk bisbol, sofbol, dan karate yang telah dipilih oleh Komite Penyelenggara.

Hangzhou dijadwalkan untuk menyelenggarakan Asian Games tahun lalu, namun ditunda karena pandemi COVID-19.

Nakamori mengatakan bahwa penundaan tersebut berdampak pada persiapan untuk Aichi-Nagoya 2026, tetapi ia berjanji untuk meningkatkan upaya mereka untuk mendapatkan perusahaan-perusahaan yang mendukung proyek ini.

"Setelah Asiad Hangzhou, kami akan mulai mendapatkan sponsor," katanya. "Kami akan dapat memulai aktivitas pemasaran kami. Kami kehilangan satu tahun karena COVID-19 dan kehilangan satu tahun dalam mendapatkan pendapatan, jadi kami mencoba untuk mendapatkan aktivitas mulai Januari mendatang.

"Ada 176 sponsor di sini, sangat banyak. Pertandingan kami akan dipasok dengan air, makanan dan layanan, semuanya disediakan oleh para sponsor. Tanpa mitra, kami harus membeli proyek semacam ini," tambahnya. "Pada Upacara Penutupan, bendera diserahkan kepada Achi-Nagoya. "Kami sangat senang, tetapi pada saat itu kami merasa sangat tertekan dan memiliki banyak tanggung jawab."

Artikel Tag: Asian Games

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/olahraga-lain/biaya-membengkak-aichi-nagoya-2026-akan-revisi-anggaran-untuk-asian-games
246  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini