Usai Miami Open 2021, Peringkat Roger Federer Semakin Merosot

Penulis: Dian Megane
Senin 05 Apr 2021, 19:28 WIB
Peringkat Roger Federer kembali mengalami penurunan

Roger Federer ketika beraksi di Qatar Open, Doha musim 2021

Berita Tenis: Setelah Miami Open musim 2021 berakhir, terlihat beberapa perubahan dalam peringkat petenis putra, termasuk peringkat Roger Federer.

Peringkat 10 besar tidak mengalami begitu banyak perubahan, tetapi salah satu petenisnya secara perlahan mengalami penurunan peringkat. Peringkat petenis berkebangsaan Siwss terus merosot hingga petenis berkebangsaan Jerman, Alexander Zverev pun berhasil melampauinya.

Sebelum Miami Open musim 2021 dimulai, petenis berkebangsaan Swiss menghuni peringkat 6 dunia dan Zverev menduduki peringkat 7 dunia. Tetapi, dengan arahan baru dari pihak ATP yang memungkinkan petenis kehilangan poin yang mereka dapatkan pada musim 2019, petenis berusia 39 tahun kehilangan 500 poin dari kemenangannya di Miami Open musim 2019.

Peraturan baru yang pihak ATP terapkan saat ini menyatakan bahwa para petenis akan kehilangan 50 persen dari poin mereka pada musim 2019 jika mereka tidak mengalami peningkatan dari poin tersebut pada musim 2021. Setelah petenis berkebangsaan Swiss absen dari Miami Open musim 2021, ia pun kehilangan 500 poin dari 1000 poin yang ia menangkan pada musim 2019.

Meskipun Zverev kalah di babak kedua Miami Open, ia mendapatkan 55 poin. Begitu Federer memutuskan mundur dari turnamen di Miami, sudah ditentukan sebelumnya bahwa peringkatnya akan berada di bawah petenis berkebangsaan Jerman.

Sebelumnya, petenis berusia 39 tahun mengantongi 6.375 poin dan Zverev mengantongi 6.070 poin. Setelah petenis berkebangsaan Swiss kehilangan 500 poin, total poinnya menjadi 5.875, lebih rendah daripada petenis berkebangsaan Jerman.

Hal tersebut menjadi kemunduran kedua bagi mantan petenis peringkat 1 dunia dalam satu bulan terakhir. Pada awal Maret lalu, ia masih berada di peringkat 5 besar, tetapi ia kalah di Qatar Open, Doha musim 2021 dan Stefanos Tsitsipas berhasil melaju ke semifinal Rotterdam Open, sehingga ia bisa melampaui petenis berkebangsaan Swiss dan menembus peringkat 5 besar untuk kali pertama.

Petenis yang telah mengantongi 20 gelar Grand Slam tidak akan bisa kembali ke peringkat 5 besar dalam waktu dekat. Selisih antara dirinya dengan petenis peringkat 5 besar cukup jauh kini dan ia akan mendapatkan serta mempertahankan sejumlah poin yang signifikan di musim clay-court yang sudah ada di depan mata.

Selain perubahan Federer, tidak ada perubahan lain dalam peringkat 10 besar. Meski Daniil Medvedev hanya sampai perempatfinal di Miami, ia semakin memperbesar selisih poin dengan Rafael Nadal.

Artikel Tag: Tenis, miami open, Roger Federer, alexander zverev

1283  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini