Pengecualian Novak Djokovic Demi Tampil Di Australian Open Picu Hal Ini

Penulis: Dian Megane
Rabu 05 Jan 2022, 09:56 WIB
Pengecualian Novak Djokovic di Australian Open 2022 picu amarah dan kebingungan

Novak Djokovic di US Open musim 2021

Ligaolahraga.com -

Berita Tenis: Sejumlah warga Australia marah dan bingung setelah Novak Djokovic mengungkapkan bahwa ia menerima pengecualian untuk bertanding di Australian Open musim 2022.

Petenis berkebangsaan Serbia secara konsisten menolak untuk mengungkapkan status vaksinnya dan akibatnya, ia tampaknya tidak akan diizinkan untuk bermain di Australian Open.

Namun dalam pernyataan yang diunggah melalui Instagram, Djokovic menyatakan bahwa ia menerima pengecualian medis untuk berpartisipasi di Grand Slam tersebut.

Pihak penyelenggara Australian Open dan pemerintah negara bagian Victoria telah mengkonfirmasi pengecualian tersebut dengan menyatakan bahwa sebuah tinjauan telah dilakukan untuk mengkonfirmasi bahwa petenis peringkat 1 dunia memiliki kondisi medis asli yang memenuhi kriteria pengecualian.

Keputusan tersebut memicu kemarahan sejumlah warga Australia di media sosial.

“Novak Djokovic adalah petenis terhebat yang pernah ada. Lupakan Laver, Agassi, Federer, Sampras, Nadal, McEnroe, Connors, dan Borg karena Novak memenangkan 20 gelar Grand Slam dan 87 gelar tanpa kita sadari bahwa ia memiliki masalah medis yang melemahkannya,” tulis mantan atlet football Australia, Kevin Bartlett.

“Kita telah dianggap bodoh.”

Jurnalis tenis, Ben Rothenberg mengunggah arahan pihak pemerintah Australia tentang pihak yang diizinkan menerima pengecualian dan menyatakan bahwa pertanyaan bisa muncul tentang legitimasi pengecualian petenis berkebangsaan Serbia.

“Meskipun kita kini mengetahui bahwa Djokovic berencana untuk bermain di Australian Open, masih akan ada spekulasi yang berkembang tentang legitimasi pengecualiannya,” tulis Rothenberg.

“Kondisi medis utama akut apa, seperti yang tercantum dalam daftar otoritas Australia, yang bisa dialami petenis peringkat 1 dunia yang sehat?”

“Ada juga pengecualian non medis yang bisa digunakan untuk memasuki Australia. Ia tidak menyatakan bahwa pengecualiannya karena medis. Tetapi, sulit untuk dibayangkan bahwa seorang petenis, bahkan salah satu petenis handal, bisa dianggap ‘untuk kepentingan nasional’ atau memiliki ‘kemampuan kritikal’.”

Sementara sejumlah petenis berusaha tetap diplomatis untuk menanggapinya, termasuk petenis berkebangsaan Australia, Alex De Minaur yang hanya mengungkapkan pernyataan singkat terkait hal tersebut dalam konferensi pers setelah melakoni pertandingan di ATP Cup.

“Itu sangat menarik. Itu saja yang bisa saya katakan,” tutur De Minaur.

Petenis berkebangsaan Inggris, Jamie Murray menyatakan orang-orang harus mempercayai bahwa petenis peringkat 1 dunia memiliki kondisi medis tertentu.

“Saya pikir jika saya yang belum divaksin, saya tidak akan mendapatkan pengecualian. Tetapi selamat baginya untuk bisa menjernihkan segalanya agar datang ke Australia dan berkompetisi,” ungkap Murray.

“Pada akhirnya, anda harus mempercayai bahwa ia memiliki alasan valid untuk pengecualian medis itu.”

Artikel Tag: Tenis, australian open, Novak Djokovic

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tenis/pengecualian-novak-djokovic-demi-tampil-di-australian-open-picu-hal-ini
444  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini